[...]" />

Ajak Inputan Non-SLTA Berprestasi, Jauhi Gerakan Radikal

Meskipun waktu tempuh kuliah relatif singkat, sekitar dua sampai empat semester, mahasiswa input Non-SLTA Universitas Negeri Malang (UM) diharapkan mampu menorehkan prestasi yang membanggakan. Himbauan itu disampaikan oleh Kabag Kemahasiswaan Drs. Taat Setyohadi pada Pengenalan Kehidupan Perguruan Tinggi (PKPT) Input-an Non-SLTA 2015/2016 di Ruang Sidang Senat Gedung A3 Lantai 2 UM, 5 Januari 2016.

Saat memberikan materi tentang organisasi kemahasiswan, Bapak yang gemar humor ini menyampaikan bahwa melanjutkan studi di UM bukan hanya memenuhi syarat mendapatkan ijasah strata satu (S1) semata. Kesempatan belajar di UM harus dijadikan sarana untuk memompa prestasi akademik maupun nonakademik. Semua civitas akademika UM mendapatkan kesempatan yang sama untuk mengukir presatasi sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Selain itu, Pria 51 tahun ini juga meminta para mahasiswa untuk membentengi diri dari berbagai fenomena gerakan radikal yang selama ini menghiasi di ruang publik. Ormas ilegal ini menyasar para generasi muda, khususnya para mahasiswa. Hal ini telah membuat orang tua risau, apalagi tentang keberadaan anak-anaknya yang studi di luar daerah. “Iklim di Kota Malang sudah sejuk, Saudara yang dari luar kota tidak perlu ngisis-ngisis” terangnya yang disambut gelak tawa para mahasiswa baru. Ungkapan ngisis yang dimaksudkan adalah organisasi radikal yang mengatasnamakan ormas dan agama tertentu. Banyak negara yang mem-blacklist ormas ini, termasuk di Indonesia.

Semester Genap ini UM menerima 100 orang mahasiswa inputan D3. Pendaftar berasal dari berbagai universitas di Indonesia. Berdasar data yang terekam di Subbag Registrasi dan Statistik, Mereka berasal sepuluh universitas, termasuk UM. Sebelumnya, calon mahasiswa ini telah mengikuti serangkaian seleksi masuk jalur Seleksi Program Alih Jenjang (SPAJ) sekitar Bulan November lalu. Mereka diterima berdasar Keputusan Rektor Universitas Negeri Malang Nomor: 7.12.2/UN32/KM/2015 Tentang Penetapan Calon Mahasiswa Baru Program Sarjana (S1) Masukan NON-SLTA Universitas Negeri Malang, Semester Genap 2015/2016.

Pada hari pertama kegiatan PKPT, mahasiswa dibekali dengan materi tentang Keorganisasi UM, Sistem Administrasi Akademik, Sistem Administrasi Mahasiswa, dan Kegiatan Organisasi Kemahasiswaan. Kemudian pada hari berikutnya kegiatan dilakukan pada fakultas masing-masing, sambil mahasiwa melakukan kosultasi akademik kepada dosen pengarah akademik. (Penulis: Suhardi, Editor: Moch. Syahri)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*