[...]" />

Alumni UM Sukses Pasarkan Hasil Penelitian

Sutikno, S.Pd., M.M

Namanya Sutikno. Guru yang berpenampilan kalem hobi meneliti ini lulusan IKIP Malang. Pria tiga anak ini mempunyai ketertarikan mengembangkan probiotik untuk dikomersialkan, ternyata hasilnya luar biasa. Hal inilah yang mengantarkan dia menjadi pengusaha sukses di Malang.

Sutikno, S.Pd., M.M
Sutikno, S.Pd., M.M

Saya bekerja sebagai Guru, disela-sela bertugas sebagai guru saya tidak berhenti berinovasi dalam hal apapun. Ketika saya belum seperti sekarang ini, dulu tidak pernah bekerja hanya satu macam, atau tidak hanya mengajar saja. Saya selalu mempunyai pekerjaan sampingan.Pada akhirnya saya diberi kesempatan oleh Tuhan untuk melakukan penelitian di bidang probiotik. Untuk menghasilkan probotik itu, jalannya cukup berliku.

Saya mulai penelitian tahun 2003, kemudian pertengahan tahun 2003 sudah menghasilkan produk tetapi masih belum stabil. Kemudian saya teruskan sampai dua tahun, baru produk itu layak untuk dijual.

Perkembangan selanjutnya, saya memasarkan sendiri produknya, sepulang saya mengajar senin sampai Sabtu. Sabtu sore saya memasarkan sendiri ke Tulungagung dan Minggu sore saya kembali lagi ke Malang. Begitu seterusnya, jadi saya bekerja tujuh hari dalam seminggu. Syukur alhamdulillah di Malang ini ada orang yang berminat untuk membeli produk saya, disitulah omset saya makin hari makin meningkat. Omsetnya sekarang sudah cukup besar sehigga dapat menambah penghasilan yang cukup lumayan bagi kami.

Hal yang penting bagi saya bahwa, “dalam hidup ini kita harus selalu berusaha jangan hanya berpikir satu bidang usaha saja, akan tetapi bidang bidang yang lain juga. Mainset sukses itu harus dimiliki oleh setiap lulusan Perguruan Tinggi, khususnya UM Perguruan Tinggi yang berbasis pendidikan.” Mereka kalau hanya mengandalkan penghasilan dari mengajar saja, mungkin kehidupannya tidak jauh berbeda dengan guru-guru yang lain.

Saya mempunyai kepekaan di bidang penelitian, dalam pengembangan diri saya mengikuti seminar-seminar. Seminar-seminar yang saya ikuti seperti; seminar entrepreneur, pemberdayaan diri, dan seba-gainnya. Usaha saya yang tidak pernah lelah itu meningkatkan kemampuan, dan pada akhirnya membuahkan hasil.

Hasilnya sekarang ini, saya mampu membiayai dua orang anak yang masih kuliah. Anak yang pertama kuliah di Universitas Brawijaya semester tiga, yang kedua kuliah di Australia juga semester tiga. Karena anak saya ini lahirnya hapir bersamaan selisih satu tahun, yang satunya mengikuti program akse-lerasi lulusnya bersama. Anak yang satu lagi masih kelas dua SMAN 3 Malang.

Berdasar pengalaman ini, saya mengajak para lulusan UM semuanya saja, jangan hanya mengandalkan penghasilan dari mengajar saja. Akan tetapi waktu yang dimiliki digunakan semaksimal mungkin, untuk hal yang luar biasa, bisa melakukan penelitian, menulis buku, atau mencoba entrepreneur.

Memanfaatkan sela-sela waktu kerja di sekolah, tentu masih ada waktu untuk mengembangkan diri. Kalau para alumni UM melakukannya dengan sungguh-sungguh, maka Tuhan pasti memberi jalan, asalkan jangan putus asa. Ibarat jalan ada rintangan batu kerikil. Apabila usaha kita jatuh bangkit lagi sampai akhirnya anda meraih sukses.

Seperti yang dikatakan Andiwongso “suskes adalah hak saya, saya pun begitu“ sukses adalah hak saya sehingga kalau saya mau semuanya bisa diwujud. jadi kalau saya mau berhasil harus berusaha. Saya bangun lebih pagi dari pada orang lain dan saya bekerja lebih keras, itu kuncinya.”

Bagi adik-adik yang masih kuliah, ketika masih menempuh studi, sudah harus memikirkan apa saja yang akan anda lakukan setelah lulus. “Jangan hanya tex book oriented, atau hanya memepelajari ilmu murni. Pelajarilah ilmu yang praktis guna mendukung kehidupan kita, untuk mencapai kesejahteraan.

Kalau kita hanya belajar ilmu itu saja maka, pengalaman terbatas. Kalau kita mempelajari ilmu yang praktis, dan menerapkannya, maka Saudara bisa mejadi pengusaha yang bisa menghasilkan produk yang bermanfaat bagi kita dan orang lain.

Produk saya probiotik ini bermanfaat bagi industri tambak udang, industri ikan air tawar, juga industri peternakan ayam. Dengan menggunakan probiotik ini, kesehatan dari hewan-hewan yang dipelihara bisa terjamin dan bisa panen lebih baik.

Udang yang dipelihara di tambak ini rentan terhadap kematian karena serangan penyakit penyakit. Akan tetapi dengan menggunakan probiotik ini kematian dapat dicegah. “Oleh karena itulah saya mengajak para lulusan UM untuk berusaha, jangan hanya bertumpu menjadi pengajar atau bekerja di satu bidang saja, akan tetapi berfikirlah ke bidang lain yang lebih menantang.”

Sukses itu berawal dari impian. Impian yang jelas, sejelas mungkin. Tulislah impian itu dalam urutan prioritas yang penting bagi anda. Tulislah impian-impian anda dalam kertas kemudian kejarlah mimpi itu dan jangan berhenti berusaha dan berdoa. “Berdoalah dan yakinlah Tuhan akan mengabulkan permintaan anda.”

Penulis: Budiharto

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*