[...]" />

Heri Pratikto, Profesor Klinik Bisnis UMKM

Prof. Dr. Heri Pratikto, MPd.
Prof. Dr. Heri Pratikto, MPd.

Infrastruktur Indonesia masih lemah, kualitas SDM masih rendah, mampukah hadapi era-MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). Salah satu solusinya, perguruan tinggi perlu ambil peran strategis mendorong tumbuhnya wirausahawan baru melalui penerapan model pembelajaran kewirausahaan yang efektif.

Negara-negara ASEAN telah menetapkan tahun 2015 sebagai tahun berlakunya MEA. Era-MEA akan memberikan peluang, dan tantangan yang sama-sama beratnya bagi Indonesia.
“MEA dapat memberikan peluang untuk memperluas cakupan ekonomi bagi Indonesia. Caranya, dengan mengurangi biaya transaksi perdagangan, dan meningkatkan daya tarik investor, dan pariwisata,” ungkap Prof. Dr. Heri Pratikto, M.Pd.
Dalam konteks pendidikan di perguruan tinggi, salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan mengembangakan model pembelajaran kewirausahaan.

“Pemberdayaan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) berbasis kearifan lokal menjadi lebih penting. Strategi ini sangat releven dibandingkan jika UMKM yang harus berkiblat pada dunia barat. Implementasinya, perguruan tinggi mempunyai peran strategis mendorong tumbuhnya wirausahawan baru, melalui penerapan model pembelajaran kewirausahaan yang efektif. UMKM yang tumbuh kuat diharapkan mampu meningkatkan produktivitas mereka sehingga pada gilirannya akan mendukung penguatan ekonomi dan daya saing bangsa”, Lanjut Pria kelahiran Trenggalek, 1961.

Terjadinya krisis yang dialami wirausaha dalam menjalankan kegiatan sehari-hari mengandung muatan emosional yang sangat tinggi dan pembelajaran sangat tinggi. Sehingga pembimbingan (mentoring) dirasa penting untuk menginterprestasikan kejadian kritis yang dihadapi sebagai pembelajaran agar hasil pembelajarannya menjadi efektif buah dari pengalaman.
Suatu langkah penting adalah pendampingan pemberdayaan UMKM melalui pembentukan klinik bisnis. Klinik bisnis ini berfungsi memberikan layanan konsultasi bisnis, informasi bisnis, advokasi, dan pendampingan pelatihan bisnis.
Keberadaan wirausahawan, baik kuantitas maupun kualitas menjadi cermin kuat atau lemahnya suatu bangsa. UMKM memberikan kesempatan kerja sangat banyak, juga merupakan salah satu sumber penting dalam kontribusinya menciptakan pendapatan dan sumber pertumbuhan ekspor masyarakat Indonesia.
(Penulis: Budiharto, Editor: Moch. Syahri)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*