[...]" />

Imakris kedatangan tamu dari Korea Selatan

Kegiatan UKM IMAKRIS Universitas Negeri Malang
Kegiatan UKM IMAKRIS Universitas Negeri Malang

Sampai tahun 2016, sebanyak 31 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) telah dimiliki Universitas Negeri Malang (UM), UKM ini berkecimpung dibeberapa bidang antara lain Olahraga, Kesenian, Kepanduan, dan Keagamaan. Salah satunya UKM yang bergerak dibidang Keagamaan adalah Ikatan Mahasiswa Kristen (Imakris).

Imakris adalah wadah yang menaungi mahasiswa UM yang beragama Nasrani khususnya Kristen dan Protestan untuk melakukan kegiatan keagamaan, seperti Ibadah persekutuan (setiap Jumat), Pendalaman Alkitab (setiap Senin), Bhakti sosial, Perayaan Paskah dan Natal.
Kegiatan tersebut biasanya dilaksanakan di ruang serbaguna. Ruang serbaguna tersebut bernama Aula Keluarga Besar Kristen (KBK) yang terletak di gedung Anggrek (dekat Fakultas Ilmu Keolahragaan). Pengurus UKM ini, sehari-hari mengorganisir kegiatannya di sekretariat UKM yang berada di Kampung UKM lantai 2, bersebelahan dengan Ikatan Keluarga Katholik (IKK).

Imakris memiliki misi membentuk mahasiswa Kristen yang memiliki disiplin tinggi, mencintai firman Tuhan, bertanggungjawab, memiliki intelektual dan daya kreativitas tinggi, serta punya kepekaan dan responsif terhadap zaman.

Imakris beranggotakan mahasiswa beragama Kristen yang terdaftar secara otomatis pada saat pengisian data dalam proses penerimaan mahasiswa baru. Tidak semua mahasiswa yang sudah terdaftar tersebut secara aktif mengikuti kegiatan yang telah diagendakan oleh pengurus, saat ini yang tercatat aktif dalam kegiatan rutin kurang lebih hanya 300 mahasiswa.

Banyak kegiatan yang telah diagendakan oleh Imakris di 2016, diantaranya bhakti sosial ke panti asuhan dan anak jalanan. Kedatangan mahasiswa Nasrani Korea Selatan (Korsel) ke UM, khususnya Imakris juga merupakan kegiatan lintas negara yang telah terlaksana sebanyak 3 kali sejak terbentuknya Imakris.

Kegiatan yang dilaksanakan 15 Januari 2016 bertujuan untuk menjalin kerjasama dalam bidang keagamaan dan budaya. Mahasiswa Korsel menampilkan kebudayaan mereka dalam bentuk penampilan teater musikal dengan persembahan tarian tradisional dan lagu-lagu yang dilanjutkan dengan kegiatan ibadah.

“Kunjungan tamu dari Korsel ini, dapat membawa nama baik UM hingga ke luar negeri melalui jaringan peribadatan lintas negara yang merupakan salah satu tujuan yang ingin dicapai Imakris’, ujar Wike Ardinawati Saragih, Ketua UKM Imakris saat ini.
Diakhir masa kepemimpinannya, mahasiswa jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi ini berharap agar fasilitas penunjang seperti sound system dan penambahan kapasitas gedung untuk kegiatan UKM, khususnya Imakris, dapat dipenuhi dan dilengkapi sehingga Imakris dapat memaksimalkan pelaksanaan kegiatan yang telah diagendakan.
(Penulis :Sely Septi Sartika dan Kartika Lazuardi, Editor :Moch. Syahri)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*