[...]" />

Mewujudkan UM Menjadi Universitas Unggulan dan Rujukan

Pencanangan Universitas Negeri Malang (UM) menjadi kampus unggulan dan rujukan yang disingkat “GURU” menjadi tolak kebangkitan semua unit internal UM. Program menjadi universitas unggulan dan rujukan di kawasan Indonesia maupun di Asia Tenggara berdasarkan pada lima nilai yakni: visioner, kejujuran, keteladanan, kepedulian, dan profesionalitas.

IMG_9497Ada 5 (lima) tujuan strategis GURU, yakni pertama, memastikan setiap dosen dan tenaga kependidikan memiliki kesempatan untuk berkembang secara profesional dan berkarir sesuai bidang tugasnya; Kedua, memastikan mahasiswa mengembangkan kepribadian, memperoleh pendidikan dan pengalaman belajar yang berkualitas tinggi; Ketiga, dihasilkan dan terdesiminasikannya karya dosen dan mahasiswa di kawasan Indonesia dan Asia Tenggara; Keempat, terwujudnya hubungan kemitraan dengan pelibatan yang lebih intensif para mitra, pemangku kepentingan, dan alumni pada tingkat lokal, nasional, dan regional, dan internasional; Kelima, nasionalisasi dan regionalisasi program dan kegiatan yang dilaksanakan individu, unit kerja, dan universitas.

Untuk mengontrol semua proses kegiatan yang sudah dijalankan menuju tercapainya “GURU”, maka ada 5 (lima) tolok ukur. Tolok ukur ini sebagai pedoman evaluasi terhadap langkah-langkah yang sudah dan akan dilakukan. Kelima tolak ukur GURU yakni: pertama, pengakuan secara nasional dan regional terhadap keunggulan pendidikan di UM; Kedua, jumlah publikasi hasil-hasil penelitian pada terbitan periodik tingkat nasional dan internasional ditandai dengan meningkatnya sitasi publikasi karya dosen dan mahasiswa pada jurnal terakreditasi nasional dan jurnal internasional yang bereputasi. Ketiga, realisasi hubungan kemitraan dan kerjasama dengan ditandai meningkatnya jumlah dan variasi institusi mitra seperti: institusi pendidikan, pemerintah, dunia usaha/industri. Keempat, kualifikasi dan jabatan fungsional dosen terus berkembang ditandai dengan meningkatnya jumlah dosen yang berkualifikasi doktor dari perguruan tinggi bereputasi. Kelima, jumlah kegiatan yang bertaraf nasional dan internasional terus meningkat, seperti: kegiatan ilmiah, jumlah program studi yang terakreditasi secara internasional.
Terbitan Swara Pendidikan edisi kali ini mengangkat topik utama UM sebagai “GURU” (Unggulan dan Rujukan). Informasi yang disajikan pada edisi ini terkait pada kebijakan masing-masing unit kerja dalam mengimplementasikan langkah UM ke depan sebagai perguruan tinggi yang menjadi unggulan dan rujukan.
Semoga para pembaca, khususnya civitas akademika UM, dapat memahami visi UM dalam 5 tahun ke depan dan menyatukan langkah untuk mencapainya. Marilah kita bekerja dan terus bekerja untuk memajukan nusa dan bangsa Indonesia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*