[...]" />

Pelepasan Mahasiswa PPL UM ke Thailand

Untuk kali pertama mahasiwa Universitas Negeri Malang (UM) melakukan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ke Thailand. Program ini merupakan serangkaian kerjasama yang terjalin antara pemerintah Indonesia dengan Thailand. Sejumlah 16 (enam belas) Mahasiswa Fakultas Sastra  (FS) yang berangkat ke Thailand, tepatnya wilayah Thailand selatan.

KKL thailandDalam acara pelepasan yang diselenggarakan di Ruang Sidang Rektor UM Gedung A1 Lantai 2, pada tanggal 4 Juni 2015 tersebut dihadiri Rektor UM Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd., Dekan FS Prof. Hj. Utami Widiati, M.A., P.hD., dan para undangan.

Dalam laporan pelaksanaan kegiatan oleh Prof. Hj. Utami Widiati, M.A., P.hD menyampaikan bahwa dari keenambelas peserta PPL sudah dilakukan pembekalan, sehingga mahasiswa telah siap untuk melakukan pengabdian ke berbagai madrasah di Thailand Selatan. Mahasiswa PPL akan mendapatkan fasilitas tempat tinggal dan segala keperluanya selama kegiatan yang berlangsung sekitar  lima bulan.

Dalam sambutan pelepasan Rektor UM Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd. menyapaikan beberapa pengalamannya selama berkunjung di Thailand. Tentunya akan sangat berbeda dengan di Indonesia. “ di Thailand sarana komunikasi sangat ketat, tidak semudah di Indonesia yang berganti-ganti provider. Hal ini merupakan kebijakan dari pemerintah Thailand, sehingga diharapkan peserta PPL dapat menyesuaikan dengan kondisi seperti ini. sesuatu yang menarik di wilayah Thailand selatan adalah bahwa leluhur wilayah setempat adalah merupakan rumpun melayu, sehingga dapat paham terhadap komunikasi kita yang menggunakan bahasa Indonesia. Selain itu, begitu terkenalnya Indonesia di wilayah Thailand selatan manakala kita menyebutkan salah satu Pondok Pesantren Gontor. Tersohornya lembaga pendidikan islam tersebut, sehingga banyak masyarakat setempat yang berkeinginan studi ke Indonesia untuk dapat belajar di lembaga PP. Pesantren tersebut.” paparnya.

Selanjutnya Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd juga menyampaikan bahwa tidak hanya UM yang datang ke Thailand. Ada 24 perguruan tinggi yang menjalin kerjasama dengan pemerintah Thailand. Dalam pesan dan harapan Rektor UM, peserta PPL mampu menjaga nama baik UM khususnya dan pemerintah Indonesia pada umumnya. PPL ini merupakan tolok ukur akan kegiatan berikutnya, apabila dalam pelaksanaannya sukses dan berjalan dengan baik, maka kegiatan serupa pada periode berikutnya dapat diselenggarakan kembali.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan Universitas Negeri Malang makin meruncingkan tajinya di negeri gajah putih tersebut. Selama ini program kerjasama sudah banyak terjalin melalui pertukaran pelajar melaui program In-Country dan penyelenggarakan program studi di beberapa universitas di Thailand. Sehingga harapan kampus UM sebagai unggulan dan rujukan di khawasan Asia Tenggara dapat diwujudkan dalam beberapa tahun mendatang.

Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 07.30  tersebut diakhiri dengan acara pemberian ucapan selamat oleh Rektor UM. (Har)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*