[...]" />

Peran Laboratorium Seni & Desain, serta Laboratorium Sentral FMIPA bagi Perkembangan Pendidikan di UM

Laboratorium seni dan desain Fakultas Sastra (FS) UM merupakan  sumber belajar yang berkaitan dengan kesenian, kebudayaan, dan aplikatif terhadap praktikum yang menunjang pemahaman dalam bidang animasi, audio visual, seminar dan teknik presentasi. Diharapkan dari kegiatan ini mahasiswa mampu mengembangkan bakat dan potensi.Selain itu, laboratorium juga dipergunakan untuk membantu mahasiswa dalam menyelesaikan Tugas Akhir (TA), Skripsi, Tesis, maupun Desertasi, serta membantu pada dosen dalam pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Mengingat kompleknya fungsi tersebut sehingga laboratorium seni dan desain mendedikasikan diri sebagai suport terhadap pembelajaran dilingkungan UM.

“FS UM kini memiliki  antara lain studio audio visual, gamelan, tari, media rekam, photografi, laboratorium keramik, dan kria. Selain itu, memiliki ruang gambar dan sablon. Keberadaan laboratorium ini sebagian besar di gedung E8, tetapi ada yang terpisah keberadaannya, seperti laboratorium gamelan dan tari di gedung Sasana Krida UM. Fasilitas tersebut tentunya merupakan milik dari civitas akademika UM. Pemanfaatanya akan dijadwal secara menyeluruh sehingga semua pihak-pihak  yang akan memanfaatkan laboratorium ini dapat menggunakan dengan baik.” papar Gunawan Susilo, M.Sn, Kepala Laboratorium Seni dan Desain Fakultas Sastra UM (23/6)

Lebih jauh disampaikan bahwa, “Keberadaan beberapa laboratorium ini sangat penting bagi pembelajaran. Banyak sekali prestasi nasional dan internasional  yang lahir dari dari laboratorium ini. Sehingga apapun yang menjadi visi UM sebagai kampus unggulan dan rujukan, maka laboratorium seni dan desain siap untuk mendukungnya.”

Di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) keberadaan Laboratorium Sentral merupakan pusat pengembangan riset dengan teknologi mutakhir. Laboratorium Sentral Mineral dan Material Maju FMIPA UM ini adalah laboratorium Riset Terpadu yang bekerja secara Multidisipliner khususnya bidang ilmu-ilmu dasar dan terapan.

Kepala Laboratorium Sentral Drs. Abdulloh Fuad, M.Si (24/6) menyampaikan bahwa  “Laboratorium Sentral Mineral dan Material Maju FMIPA memiliki kemampuan riset dibidang Microscopy, Spectroscopy, Structural Analysis, Metalurgical Analysis, Bio-Material, Bio-Chemical, Advance Ceramics dan Geophysics. Laboratorium ini mendukung pencapaian Visi UM, yaitu menjadikan UM sebagai perguruan tinggi unggul yang peduli terhadap nilai kemanusiaan dan menjadi rujukan dalam pengembangan bidang kependidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Hal ini ditunjukkan dengan kecanggihan peralatan yang dimiliki dan berstandart Internasional, serta peran sertanya yang telah dipercaya oleh masyarakat khususnya Perguruan Tinggi dan Lembaga Riset di Indonesia.”

Dalam praktiknya keberadaan Laboratorium Sentral ini berperan ganda, disatu sisi merupakan media pembelajaran civitas akademika UM disisi lain merupakan pusat penelitian secara umum. Sehingga Laboratorium yang berdiri sejak 6 tahun lalu ini sudah banyak menjalin kerjasama dengan berbagai pihak diantaranya: Dinas PU Probolinggo (analisis semen pasir), PT. Gunung Bale (penelitian pemurnian silica) PT. Sasa Inti (analisis MSG), dan sebagai mentor dalam pembelajaran bersama dengan berbagai universitas: antara lain: UB, ITB, ITS, UNAIR, UGM, UNS, UMY dan beberapa universitas dan lembaga pemerintah/swasta lainnya.

Mulai Tahun 2015 Laboratorium Sentral Mineral dan Material Maju akan menjalin kerjasama riset dengan Peneliti dari Perguruan Tinggi lain dan Lembaga Riset untuk meningkatkan Publikasi bersama pada Jurnal Internasional yang bereputasi tinggi. Hal ini dimaksudkan untuk mendukung Program UM dalam rangka peningkatan Publikasi pada Jurnal Internasional bereputasi tinggi. (Har/Khalid).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*