[...]" />

Pesona UM di Ujung Jawa Timur

Stand UM diserbu para siswa Sekolah Menegah di Banyuwangi....
Stand UM diserbu para siswa Sekolah Menegah di Banyuwangi....

Menjelang kelulusan, tampaknya menambah kebimbangan untuk menentukan pendidikan lanjutan yang paling tepat bagi siswa SMA/SMK/MA di seluruh daerah. Fenomena ini ditangkap dengan baik oleh pihak Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) Kabupaten Banyuwangi. Mereka memfasilitasi para siswa yang terdiri dari kurang lebih 51 SMA, 30 SMK , serta MA Negeri dan Swasta yang ada di daerah Banyuwangi untuk mengenal lebih dekat perguruan tinggi Negeri dan Swasta se-Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Bali, melalui ajang Pameran Pendidikan Banyuwangi 2016.

Universitas Negeri Malang (UM) sebagai universitas yang terakreditasi A dan menempati urutan ketiga dalam akreditasi institusi di Indonesia, melalui tim promosinya turut ambil bagian dalam memperkenalkan profil dan kemajuannya pada siswa yang datang di pameran tersebut.

Program studi (prodi), akreditasi, dan daya tampung merupakan informasi yang selalu ditanyakan pengunjung pameran. Hal ini merupakan pertimbangan tersendiri sebagai penentu prodi yang akan mereka pilih nantinya.

Tingginya rasio perbandingan yang diterima dan ditolak setiap prodi di UM, sempat membuat gentar siswa-siswi ini untuk memilih UM, akan tetapi nama besar beberapa alumni sukses UM menjadi motivasi tersendiri bagi siswa-siswi kelas XII ini untuk semakin memantapkan pilihannya pada UM. Program kependidikan dan gelar ganda tak kalah besar daya pikatnya bagi siswa berseragam putih abu-abu ini.

Antusiasme siswa terlihat pada banyaknya pengunjung yang memadati booth UM untuk memperoleh informasi seputar UM.

“Ternyata stan UM ada disini, aku pengen sekali kuliah disana”, seru salah seorang siswi SMAN 1 Banyuwangi dengan wajah berseri-seri.

Ratusan siswa nampak puas dengan penjelasan yang telah diberikan oleh tim promosi UM. Banyak dari mereka yang benar-benar mengharapkan untuk bisa diterima dan melanjutkan studi di universitas dengan jargon The Learning University ini.

Pameran yang berlangsung sehari (28/1/2016) mulai pukul 08.00 sampai 15.00 WIB, di Gedung Wanita Paramita Kencana, Jl. RA Kartini No.5 Banyuwangi, diikuti 81 peserta PTN/PTS dari Malang, Jember, Jombang, Surabaya, Yogjakarta dan Bali, berjalan lancar dan sukses. Ujar Ketua Pelaksana Drs. Siswanto, disela-sela pameran berlangsung.

(Penulis: Kartika Lazuardi dan Sely Septi, Editor: Moch Syahri)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*