[...]" />

PKM UM Konsisten Penghuni Papan Atas

Dr. Syamsul Hadi, M.Pd., M.Ed
Dr. Syamsul Hadi, M.Pd., M.Ed

PKM UM ternyata langganan pada tangga papan atas setiap gelaran PKM nasional, prestasi ini menjadi tradisi yang dipertahankan hingga saat ini.

Bertengger diurutan tujuh nasional, semakin mengokohkan citra Universitas Negeri Malang (UM) sebagai perguruan tinggi unggulan dalam ajang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Dalam rilis yang dikeluarkan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, PKM UM mampu meloloskan 154 proposal yang didanai oleh Kemenristek Dikti. Jumlah tersebut meliputi enam kategori, yaitu PKM-K (Kewirausahaan), PKM-P (Penelitian), PKM-SH (Sosial Humaniora), PKM-KC (Karsa Cipta), PKM-M (Pengabdian Masyarakat), dan PKM-T (Penerapan Teknologi).

“Alhamdulillah PKM UM menempati urutan ketujuh nasional, sebelumnya UM berada pada urutan kesembilan nasional ditahun 2015, dan posisi kedelapan ditahun 2014. Hal ini menunjukkan grafik yang baik bagi pemupukan kreativitas mahasiswa di UM”, Jelas Wakil Rektor III, Dr. Syamsul Hadi, M.Pd., M.Ed.

Lebih lanjut, Dr. Samsul menjelaskan bahwa kedepan PKM UM akan memeratakan sebaran karya mahasiswa per fakultas. Diakuinya bahwa selama ini Fakultas MIPA dan Fakultas Teknik dominan terhadap gelaran PKM.
“Kita dorong mahasiswa untuk melakukan kajian lintas bidang, dengan melibatkan semua steakholders mulai dari pimpinan pusat sampai dengan mahasiswa. Diupayakan mahasiswa mampu menerapkan multidisiplin keilmuannya, semisal mahasiswa fakultas MIPA bisa melakukan kajian dalam bidang ekonomi maupun yang lainnya. Dengan pendampingan secara intens oleh dosen pendamping, Insya Allah hal ini akan dapat terlaksana”, lanjutnya.

PKM juga merupakan ajang gengsi bagi perguruan tinggi. Program bentukan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia ini memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan.

Di harapkan hasil karya mahasiawa dapat diterapakan, sehingga bermanfat bagi masyarakat luas, serta memberikan kebanggaan tersendiri bagi mahasiswa yang mengikutinya.

(Penulis : Suhardi, Editor : Moch. Syahri)

Penulis : Suhardi

Editor : Moch. Syahri

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*