[...]" />

Proyek IDB dorong wujudkan UM Learning Innovation

Drs. Bambang Supriyanto, S.T., M.T.
Drs. Bambang Supriyanto, S.T., M.T.

Direktur IDB UM

Drs. Bambang Supriyanto, S.T., M.T.
Drs. Bambang Supriyanto, S.T., M.T.

Sebagai salah satu anggota project 4-in-1 Islamic Development Bank (IDB) yang diberi mandat sebagai Center of Excellence for National Competitiveness khususnya dalam bidang learning innovation, Universitas Negeri Malang (UM) terus bekerja keras mewujudkan tujuan, baik melalui hard program maupun soft program.

Dalam pelaksanaan tugasnya, Direktur IDB UM, Drs. Bambang Supriyanto, S.T., M.T., didampingi oleh satu orang skretaris, 5 orang person in charge (PIC), dan satu orang Chairman of Research Consortium (CRC) yaitu: Executive Secretary, Dr. Sintha Tresnadewi, M.Pd, PIC Programs: Syamsul Bachri, S.T., M.Sc., Ph.D., PIC Procurement, Dr. Nazriati , M.Si., PIC Civil Work, Drs. Eko Setyawan, S.T., M.T., PIC Finance Dr. Agus Timan, M.Pd., PIC Monev: Apif M. Hajji, S.T., M.T., M.Sc. Ph.D., dan Chairman of Research Consortium, Prof. Dr. Waras, M.Pd.
Kegiatan yang berkaitan dengan hard program terdiri dari pembangunan fisik berupa gedung yang dipusatkan di Jalan Simpang Bogor. Gedung ini seluas 44.874 meter persegi, dengan dua tower sembilan lantai.

Rancangan bangunan ini diarahkan untuk mendukung pengembangan pusat unggulan. Universitas Negeri Malang (UM) dimandati sebagai pusat unggulan dibidang Learning Innovation. Desain ruangan di dalamnya dirancang untuk pembelajaran abad 21.
Kegiatan soft program berkaitan dengan pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia)dan peningkatan kemampuan staf akademik. Para dosen/tenaga akademik yang berkaitan dengan pengembangan pusat unggulan ini akan mengikuti pendidikan/pelatihan baik dalam negeri maupun luar negeri, baik program degree dan nondegree.

Pengembangan Bidang Penelitian

Pengembangan riset dibagai menjadi dua kelompok yaitu; research grant dan research consortia. Research grant ini sudah ada 66 judul yang akan dilaksanakan selama tiga tahun 2017-2019. Tahun pertama ditahun 2017 akan dilaksanakan riset 20 judul, 2018 ada 20 judul, dan 2019 sebanyak 26 judul.

proyek IDBPenelitian consortia merupakan kolaborasi dari empat perguruan tinggi yaitu; Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Jember, Universitas Mulawarman, Balikpapan, dan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Serang Baten. Setiap perguruan tinggi mempunyai pusat unggulan masing-masing.

Judul-judul penelitian tersebut harus mengacu pada pusat unggulan. sehingga judul-judulnya/topik-topiknya juga sudah ditentukan. Topik-topik ini dirancang untuk menunjang pengembangan pusat unggulan UM. Hasil-hasil penelitian nanti jika dijurnalkan, dan menjadi buku diharapkan bisa menunjang pusat unggulan UM ini.

Dalam waktu mendatang semua hasil penelitian dan pengembangan staf akademik ini bisa menunjang pusat unggulan. Diharapkan setelah selesai Proyek IDB ini pada tahun 2019 pusat unggulan UM bisa terwujud.

Penulis : Ony Herdianto

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*