[...]" />

Siapkan Akreditasi Internasional Jurusan Bahasa Inggris Tingkat Asean

Wakil Dekan I FS UM, Dr. Primardiana HW. M.Pd
Wakil Dekan I FS UM, Dr. Primardiana HW. M.Pd
Wawancara dengan Wakil Dekan I FS UM, Dr. Primardiana HW. M.Pd

Hal istimewa yang kini tengah dipersiapkan oleh Fakultas Sastra adalah mempersiapkan akreditasi internasional Jurusan Bahasa Inggris tingkat Asean. Bekerja untuk bangsa dimulai dari bagaimana mempersiapkan calon pemimpim bangsa agar mendapatkan bekal yang lebih baik dari para dosen.

Kontrak kerja yang telah disepakati antara Dekan dan para Wakil Dekan merupakan langkah utama Dr. Primardiana dalam membangun Fakultas Sastra (FS) untuk berkarya. dalam meningkatkan kedisiplinan bagi dosen dan mahasiswa FS yang saat ini sedang gencar untuk menyusun Prosedur Operasional Baku (POB). Penyusunan POB pembelajaran sebagai strategi awal pemenuhan standar proses pembelajaran dirasakan sangat penting dalam pembangunan Fakultas Sastra saat ini.

Tahun ini, ada tiga Prodi S1 dan tiga Prodi S2 yang saat ini sedang menyusun borang institusi. Untuk itu saat ini FS sedang memfokuskan agar tim penyusun mendapatkan perhatian khusus dengan menyediakan fasilitas pendukung dalam penyusunan borang institusi, karena kedepan Fakultas Sastra ditargetkan untuk memperoleh Akreditasi A bagi Program Studi Bahasa Jerman dan Bahasa Indonesia.

Fakultas Sastra dalam Bidang Seni dan Kerjasama dengan Luar Negeri

Dalam bidang kerjasama dengan luar negeri FS memiliki banyak mahasiswa asing. Sebaliknya, ada beberapa Mahasiswa yang telah melaksanakan Kajian dan Praktik Lapangan (KPL) di UM yang berasal dari Universitas Yala Rajabhad (Thailand Selatan). Selanjutnya, ada sekitar 15 Mahasiswa dari Fakultas Sastra untuk melakukan praktek mengajar di sekolah-sekolah pada Thailand Selatan selama 4 bulan dan 9 orang mahasiswa lainnya juga melaksanakan PPL di Universitas Walailak selama 45 hari. Karena begitu baiknya hubungan stakeholder antara Fakultas Sastra dengan universitas luar negeri, FS mencanangkan untuk tahun depan mahasiswa dan dosen agar dapat mengikut pameran dalam memenuhi undangan yang telah diberikan oleh Yala Rajabhad University.

Pada bidang Seni, FS saat ini tengah bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kota Malang agar tahun ini dapat membawa beberapa orang mahasiswa untuk melaksanakan pentas seni tepatnya di Australia. Selain itu, untuk Jurusan Seni dan Desain sangat banyak karya dari mahasiswa seperti batik dan kriya yang diminati oleh mahasiswa asing. Tidak hanya diminati, mahasiswa asing yang sedang menempuh kuliah di UM juga diajarkan berbagai macam hal menarik seperti membatik, tari, dan kriya disamping pembelajaran Bahasa Indonesia sebagai penutur asing.

Dalam Bidang Pengembangan Kompetensi Mahasiswa

Terkait dengan KKN (Kuliah Kerja Nyata) didalam kampus, FS ke depan akan mencanangkan untuk melaksanakan KKN di dalam kampus. Untuk kedepannya FS segera mencanangkan agar dapat bekerja sama dengan dekan setiap fakultas di UM. Dalam hal melayani mahasiswa semisal yang ingin meningkatkan TOEFL atau kemampuan bahasa ingrisnya mahasiswa sastra inggris dapat memberikan sebuah pelatihan kepada mahasiswa lainnya kemampuan berbahasa Inggris yang baik.

Terakhir, dalam strateginya FS juga telah merencanakan mulai tahun depan akan mewajibkan setiap mahasiswa dapat menguasai dua bahasa berbeda. Dalam artian bahwa, ada mata kuliah lintas jurusan yang harus diambil oleh setiap mahasiswa. Dalam Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) nantinya dijelaskan bahwa dalam perkuliahan disajikan dalam dua bahasa. Oleh karena itu, mahasiswa dituntut untuk menguasai dua bahasa asing sekaligus. (Ozy)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*