[...]" />

Tidak Hanya Sumbang Prestasi Nonakademik

Wakil Dekan I FIK UM
Wakil Dekan I FIK UM Dr. Sapto Adi, M.Kes

Fakultas Ilmu Keolahragaan UM

Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) memang identik dengan aktivitas olahraga, karena ini yang menjadi ciri khas tersendiri, yang selama ini telah melahirkan atlet-atlet yang bertalenta. Dalam berbagai kejuaraan olahraga di kancah nasional, FIK UM selalu unjuk gigi.

Dalam upaya mengembangkan pendidikan, FIK UM telah merancang kurikulum pendidikan yang memadukan bidang akademik dan nonakademik. Kurikulum ini dibuat untuk memberikan ruang kepada mahasiswa agar memiliki prestasi yang seimbang. Diharapkan, proses pembelajaran yang dilakukan dapat bervariasi.

Pandangan Wakil Dekan I FIK UM, Dr. Sapto Adi, M.Kes tentang kegiatan Akademik FIK

Wakil Dekan I FIK UM
Wakil Dekan I FIK UM Dr. Sapto Adi, M.Kes

FIK Universitas Negeri Malang (UM) siap mendukung Rencana Strategis (Renstra) UM. Sebagai fakultas yang membidangi olahraga, FIK tetap mengunggulkan bidang olahraga sebagai identitas fakultas. Keunggulan inilah yang menjadi ciri khas dan pembeda dengan fakultas yang lain di UM.

Hal tersebut tidak serta merta membuat FIK meninggalkan bidang akademik. Sebagai Insan akademis di lingkungan pendidikan, FIK merancang sistem pembelajaran dan pengajaran yang tepat. Rancangan ini tertuang dalam pembuatan bahan ajar. Direncanakan ada 11 buku ajar yang sedang dikerjakan oleh para dosen. Terdapat delapan bahan ajar yang diterbitkan, dan sudah diaplikasikan sebagai media pengajaran dalam satu tahun ini. Tujuh diantaranya merupakan buku pegangan untuk mahasiswa. Bahan ajar ini tentunya ditulis dalam koridor Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang dirancang oleh UM. FIK menerbitkan bahan ajar berdasarkan kurikulum yang sudah di revisi pada tahun 2015, sambil menunggu pedoman kurikulum dari universitas. Meskipun demikian, FIK tidak merasa khawatir akan adanya perubahan, karena idealnya bahan ajar akan dievaluasi setiap tahun. Apabila ada perubahan, bahan ajar tersebut akan disesuaikan dengan kurikulum terbaru berdasarkan pedoman universitas.

Selain itu sebagai suplemen dalam pembelajaran FIK melakukan seminar dan kuliah tamu pada empat jurusan yang ada. Tujuannya memberikan pengalaman belajar yang lebih luas bagi mahasiswa dan berlatih dalam mengorganisasi kegiatan (event), sehingga hal ini dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk menjadi event organizer (EO). Penyelenggarakan seminar juga dimaksudkan untuk pembelajaran para dosen dilingkungan FIK, agar kualitas dosen dan proses pembelajaran semakin meningkat dan berkualitas.

Peningkatan Kualitas Dosen melalui Penelitian

Selain peningkatan kualitas dosen dan mahasiswa melalui penulisan bahan ajar, FIK juga memberikan kesempatan kepada dosen untuk meningkatkan kualitas diri melalui penelitian. Fakultas memberikan kesempatan kepada seluruh dosen terutama yang sudah PNS untuk melakukan penelitian. Ada 12 judul penelitian kelompok (terdiri dari 3 orang termasuk ketua) yang dikerjakan oleh dosen FIK pada tahun 2015 sehingga hampir semua dosen terlibat dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan oleh para dosen di empat jurusan Yaitu Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan, Ilmu Keolahragaan, Pendidikan Kepelatihan Olahraga, dan Ilmu Kesehatan Masyarakat.

Pengabdian Fakultas Ilmu Keolahragaan kepada Masyarakat

Selain bidang akademik FIK UM juga melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan pengabdian tersebar pada masing-masing jurusan. Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga melakukan pengabdian dalam pembinaan atlet, Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat melakukan kegiatan penyuluhan dan pengobatan ringan terhadap masyarakat di Kabupaten Trenggalek, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan melakukan pengabdian ke sekolah-sekolah melalui program KPL dan KKN, serta Jurusan Ilmu Keolahragaan yang terjun ke masyarakat dalam pembinaan dan sosialisasi terhadap isu-isu olahraga nasional.

Program-program semacam ini dapat membentuk jiwa sosial mahasiswa sebagai pengabdi kepada masyarakat. Mahasiswa diharapkan tidak hanya sibuk dalam pembelajaran di bangku kuliah, tetapi dapat melakukan praktek langsung di lingkungan masyarakat. Memang pengabdian semacam ini tidak dapat dinilai dalam sudut pandang materi. Kebanyakan masyarakat menilai sebuah pengabdian dari sisi materi, tetapi implikasi dari pengabdian FIK adalah memberikan wawasan dan keilmuan kepada masyarakat agar pengetahuan mereka terhadap kesadaran tentang hidup sehat semakin tinggi.

Pada tahun 2015 FIK memberikan kesempatan bagi dosen semua jurusan untuk melakukan pengabdian masyarakat. Sebanyak 10 judul pengabdian masyarakat dikerjakan secara kelompok sehingga banyak dosen yang terlibat. Tempat pengabdian kebanyakan di wilayah Malang Raya.

Kolaborasi FIK dengan Instansi Lain

Fakultas Ilmu Keolahragaan UM menyadari bahwa untuk menjadi besar dan berkembang perlu melakukan kolaborasi dengan pihak-pihak lain. Bukan hanya dengan fakultas-fakultas internal UM, tetapi juga kerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan Dasar, Menengah, dan Kebudayaan.

UM menjadi mitra dan berpartisipasi terhadap kedua lembaga negara tersebut sebagai instruktur dalam pembinaan klub-klub olahraga. Pembibitan dan regenerasi atlet menjadi fokus utama dalam menyangga reputasi atlet Indonesia ke depan. Oleh karena itu peran lembaga pendidikan diperlukan untuk mencari bakat dan pembinaan kemampuan atlet.

Dalam rangka penyediaan tenaga terampil untuk juri dan wasit, FIK UM mendidik dan memberikan pelatihan terhadap para pengadil lapangan ini. Aspek yang difokuskan dalan pelatihan adalah untuk selalu meng-update keilmuan di bidang olahraga.

Penyiapaan Tenaga Terampil

Sebagai peningkatkan mutu pelayanan terhadap pengajaran, FIK memberikan kesempatan kepada para dosen pengajar untuk menimba ilmu ke luar negeri (Australia) dengan mengambil program master seperti dr. Desi Ariwinanti dan di dalam negeri dengan mengambil program doktor seperti 1) Drs. Mahmud Yunus, M.Kes, 2) dr. Mohamad Yunus, M.Kes., 3) dr. Hartatik Ek

Wakil Dekan I FIK UM
Wakil Dekan I FIK UM Dr. Sapto Adi, M.Kes

o Wardani, M.Si Med., 4) Drs. Mua’rifin, M.Pd., 5) Drs. Lokananta THW, M.Kes., 6) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes. Tempat studi lanjut kabanyakan di UNESA kecuali dr. Hartati di UB.(Har)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*