Select Page

“Panggilan mulia selain panggilan Adzan adalah panggilan untuk menjadi sukarelawan” adalah kata yang dikutip dari Drs. Eko Suwarno M.Pd. saat membuka acara diklat KSR ke 34. Bertempat di gedung D1 lantai 1 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korp Suka Rela (KSR) Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan acara pembukaan diklat KSR ke 34 pada Sabtu 21 Februari 2015.  Acara yang bertemakan “Wujudkan Generasi yang Loyal dan Berkualitas” ini tidak hanya bertujuan sebagai proses rekrutmen tetapi juga pembekalan materi dan pelatihan bagi para anggota baru UKM KSR UM.

Acara yang dimulai pukul 07.00  WIB ini diikuti oleh 81 peserta yang berstatus sebagai mahasiswa UM. Acara ini juga dihadiri oleh tamu undangan dari UKM lain di UM dan UKM KSR se-Malang Raya seperti KSR Universitas Brawijaya (UB) KSR Universitas Islam Negeri (UIN) Malang dan KSR Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Acara yang termasuk dalam agenda tahunan ini juga turut menghadirkan pemateri dari luar UM yaitu Palang Merah Indonesia (PMI) yang akan memberikan materi tentang pertolongan pertama perawatan keluarga dan kebencanaan.

Dalam sambutannya Drs. Eko Suwarno M.Pd. selaku Pembina UKM KSR menyampaikan bahwa melalui diklat saja tidaklah cukup untuk menjadi anggota KSR. Diklat hanya memberikan kompetensi dan dorongan untuk menjadi sukarelawan di bidang PMI. “UM adalah satu-satunya perguruan tinggi yang paling tua KSR nya. Harapannya bukan karena UM yang pertama kemudian UM tidak mau belajar tetapi jadikanlah KSR UM yang paling paham tentang konteksi ke KSR an” urainya.

Dosen Teknik Sipil ini juga sangat mengapresiasi keikutsertaan mahasiswa dalam kegiatan KSR. Menurutnya menjadi seorang relawan adalah salah satu bentuk sikap tolong menolong yang harus dilakukan oleh manusia. “Bekerjalah dengan tulus maka pekerjaan Saudara akan menjadi mulia. Semoga ketulusan Saudara bisa memberikan manfaat bukan saja secara kemampuan tetapi juga materi” harapnya sebelum membuka acara.

Acara yang dipersiapkan sejak bulan Januari lalu ini akan dilaksanakan selama 3 minggu terhitung sejak tanggal  21 Februari  –  8 Maret 2015 pada hari sabtu dan minggu. Terkait kendala dalam proses pelaksanaan acara Melinda selaku ketua pelaksana mengatakan bahwa “Terdapat kendala dalam proses pelaksanaan diklat ini terutama dalam hal tempat pelaksanaan. Mengingat banyaknya acara yang dilaksanakan pada waktu yang sama sehingga agak sulit dalam mencari tempat pelaksanaan diklat” tuturnya.

Berkenaan dengan harapan untuk UKM KSR UM Ruru selaku ketua I UKM KSR UM berharap “Semoga KSR UM bisa tambah jaya karena KSR UM adalah KSR tertua di Indonesia dan dengan adanya anggota baru KSR ini semoga bisa berkontribusi untuk kesuksesan KSR kedepan”.(Fer/Ozy)