Select Page

Musik tidak akan terlepas dengan apresiasi penikmatnya sama halnya paduan suara atau yang biasa disebut “choir“. Bentuk adanya apresiasi dari penikmat dan pengamat bakat anak bangsa melalui musik salah satunya adalah adanya kompetinsi choir tingkat Nasional dan Internasional yang diselenggarakan ITB Bandung diakhir bulan Januari (26 Jan-8 Feb 2015). Kompetensi ini pula yang membawa PSM Swara Satata Cakti UM menorehkan prestasi 3 perak katagori Male Choir Famele Choir dan Mix Choir untuk kompetensi tingkat Nasional dan 3nd Champions kategori Youth Internasional untuk kompetensi tingkat Internasional.

Membawa sekitar 53 personil beserta pelatih paduan suara Bapak Hardianus Alam Brotoseno 2 pemain biola serta 1 pianis berjuang selama kurang lebih 2 minggu untuk membawa kemenangan. Tidak main-main persiapan untuk mengikuti kompetensi 2 tahunan ITB Choir yang dimulai sejak tahun 2012. Berawal dari mengirimkan hasil rekaman paduan suara di 5 kategori pada bulan Juli 2014 dan hasil pengumuman pada bulan September 2014 yang dinyatakan lolos pada seleksi rekaman ada 4 kategori antara lain Male Choir Famele Choir Mix Choir untuk kompetensi Nasional sedangkan Youth Internasional untuk kategori kompetensi paduan suara Internasional.

“Keberagaman tingkatan mahasiswa paduan Swara Satata Cakti UM terdiri dari angkatan 2011 sampai angkatan 2014 tidak memiliki kendala berlebihan selama persiapan kompetisi. Proses audisi dilakukan pada anggota PSM 2014 untuk mengikuti kompetisi Choir ini kurangnya persiapan mental pada anggota baru tidak membawa dampak yang buruk. Dengan adanya usaha yang keras dan dilakukan dengan baik maka hasilnya akan baik” ujar Badrotun Nayiroh Mahasiswi Jurusan BK peserta Choir Nasional dan Internasional ITB sekaligus Ketua Umum  UKM PSM Swara Satata Cakti UM. (An/Ozi)