Select Page

Sebagai upaya pengenalan kebudayaan Indonesia yang beragam mulai dari bahasa tari musik dan yang lainnya Universitas Negeri Malang bekerjasama dengan Walailak University Thailand selenggarakan program In Country 2014 dengan tujuan agar mahasiswa yang berasal dari Thailand dapat mempelajari kebudayaan serta bahasa Indonesia.

in country 2014

in country 2014

Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Rektor IV UM Dr. I Wayan Dasna M.Si M.Ed. ini diselenggarakan pada hari Senin (15/12/2014) diawali dengan perkenalan setiap mahasiswa Thailand yang akan studi di Indonesia. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang masa studi ditempuh selama 4 bulan pada tahun ini pembelajaran akan diselenggarakan selama 6 bulan hingga Mei 2015. Adapun materi pengajaran yang diberikan yaitu kelas seni tari gamelan dan dangdut untuk mendukung penguatan bahasa Indonesia.

Selanjutnya pembelajaran dilakukan di kelas didampingi oleh seorang mahasiswa Indonesia untuk praktek berbahasa Indonesia setiap hari. Selama berada di Indonesia para mahasiswa diberikan kesempatan untuk tinggal di asrama dengan tujuan agar mereka dapat berinteraksi dengan mahasiswa yang lain dari berbagai jurusan. Kegiatan yang telah dilaksanakan mulai 2010 hingga sekarang telah memasuki angkatan VI.

Pada kesempatan wawancara Dr. Gatut Susanto M.M. M.Pd. selaku ketua pelaksana kegiatan dengan diadakannya kegiatan tersebut secara berkelanjutan akan membuat citra dan hubungan masyarakat yang baik antara Indonesia dan Thailand. Melalui program ini diharapkan mereka juga dapat menjadi seorang Duta karena mereka telah mengerti tentang Indonesia baik budaya seni atau kondisi sosial masyarakatnya. Selain itu dengan terlaksananya program ini kesan positif terhadap Indonesia yang sesungguhnya semakin terbangun sehingga hubungan kedua negara menjadi semakin baik disaat yang bersamaan mahasiswa Indonesia juga akan mengerti orang-orang Thailand serta dapat menjadi wahana yang baik untuk mewujudkan masyarakat ekonomi Asean. (Ozi/Nik)