Select Page

Universitas Negeri Malang makin mendapatkan tempat di hati masyarakat. Hal ini terbukti dari peminat UM melalui jalur Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sampai dengan terakhir pendaftaran tanggal 15 Maret 2015 pukul 23.59 yang mencapai angka fantastis 63.738 orang. Jumlah tersebut adalah akumulasi dari pendaftar yang memilih UM sebagai pilihan I maupun pilihan II. Berdasarkan pilihan I UM menjaring sebanyak 44.228 orang. Angka ini menempatkan UM berada peringkat ke-2 se-Jatim setelah UB yang menembus angka 64.653 orang. Secara nasional UM menempati urutan ke-12 dari 63 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) seluruh Indonesia, terpaut angka 29.406 dari Universitas Padjadjaran (UNPAD) sebagai peringkat 1 yang memperoleh pendaftar 74.159 orang. (sumber: Panitia Nasional SNMPTN 2015).

Daya tampung jalur SNMPTN UM tahun 2015 sebesar 3.165 orang. Jumlah ini juga menunjukkan peningkatan kuota dari tahun 2014 sebesar 2.843 orang. Dengan demikian, maka mahasiswa baru (maba) yang ingin masuk di UM akan berkompetisi dengan tingkat persaingan yang sangat ketat yaitu 1:20 atau 4,9%.

Beberapa jurusan memang menjadi idola di kampus yang memiliki brand name The Learning University ini. Diantara jurusan yang paling diminati antara lain Manajemen dengan pendaftar mencapai 6.109 orang atau 9,5% dari total pendaftar, Pendidikan Guru Sekolah Dasar sebanyak 3.946 orang dan Akuntansi sebanyak 3.927 orang.

Prestasi ini memang sangat membanggakan. Akan tetapi ke depan tentunya UM akan lebih berbenah lagi dalam bidang pengkajian kurikulum pembelajaran mahasiswanya. Wakil Rektor I Prof. Dr. Hariyono, M.Pd memaparkan “peminat UM tertinggi ke-2 di Jawa Timur, sedang skala nasional UM menempati peringkat ke-12 dari 63 Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Hal yang demikian itu adalah penilaian dari sisi kuantitas. Tahun ini UM akan fokus pada perbaikan kualitas pembelajarannya, terutama dalam kurikulum baru nanti akan lebih disempurnakan lagi sehingga dengan demikian akan meningkatkan kualitas pelayanan terhadap mahasiswa”. paparnya.

Selanjutnya perlu diketahui oleh pendaftar, bahwa masih ada satu tahapan lagi yang harus dilalui. Setelah proses pengisian dan verifikasi data sekolah dan akademik siswa pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS), kemudian dilanjutkan dengan pengisian borang pendaftaran dan pemilihan PTN serta program studi, maka berikutnya siswa harus mengisi Nomor Ujian Nasional (NUN) pada borang pendaftaran. Setelah siswa mendapatkan NUN, segera login kembali ke laman panitia untuk mengisikanya. Jangan sampai salah dan terlambat, karena hanya siswa yang telah mengisikan NUN yang dapat mencetak Kartu Tanda Peserta SNMPTN 2015. dan sekaligus dinyatakan telah tuntas mendaftar SNMPTN 2015.

Terkait dengan daya tampung keseluruhan, UM akan melakukan penjaringan mahasiswa baru melalui 3 (tiga) jalur. Diantaranya SNMPTN yang kuotanya 50%, SBMPTN 30% dan sisanya 20% akan seleksi melalui jalur Mandiri.(Har)