Select Page

“Suatu organisasi atau lembaga akan berjalan dengan baik jika kualitas Sumber Daya Manusianya juga baik” ungkapan tersebut tampaknya menjadi dasar dari banyak lembaga untuk terus berinovasi dalam memperbaiki kualitas sumber daya manusia yang mereka miliki. Begitu pula dengan Universitas Negeri Malang (UM) dalam upaya meningkatkan kualitas dosen UM menyelenggarakan Sosialisasi dengan tema “Riset-Publikasi Karir Dosen dan Linearitas Bidang Ilmu”(28/1/15) di Aula Utama Gedung A3 lantai 2.

Acara yang dimulai pada pukul 11.00 WIB ini dibuka oleh Rektor UM Prof. Dr. H. Ah. Rofi’uddin M.Pd dan dihadiri oleh jajaran pejabat UM serta para dosen dari semua fakultas.  Prof. Dr. Ir. Djoko Santoso dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) pemateri dalam acara tersebut memaparkan lima materi utama antara lain pemahaman tentang perguruan tinggi pemahaman tentang dosen penelitian jenjang karir dosen dan linieritas bidang ilmu.

Prof. Dr. Ir. Djoko Santoso menjelaskan bahwa kewajiban perguruan tinggi adalah menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi. Untuk itu sudah menjadi kewajiban pula bagi para dosen  untuk melakukan penelitian yang merupakan bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi. Pada kesempatan tersebut beliau juga memaparkan data-data tentang tugas pokok dosen sesuai dengan jabatan akademik dosen mulai dari Asisten Ahli hingga Profesor termasuk tugas pokok dalam melakukan penelitian. Tidak berhenti sampai di situ beliau juga menunjukkan data-data perbandingan jumlah riset yang dilakukan oleh beberapa negara di Asia tenggara.

Menurut Prof. Djoko “kemampuan Indonesia dalam melakukan riset masih kalah jauh jika dibandingkan dengan negara-negara tetangga lainnya seperti Malaysia Thailand dan Filipina apalagi jika dibandingkan dengan Amerika?”. Atas dasar itulah UM sebagai salah satu universitas  yang peduli perkembangan dunia pendidikan mengadakan acara sosialisasi ini untuk memotivasi para dosen agar semakin giat dalam melakukan penelitian. Dalam acara tersebut beliau juga tidak lupa menghimbau kepada para dosen UM untuk melakukan penelitian guna memperkaya ilmu pengetahuan bagi dunia pendidikan. (Fer/An)