Select Page

Perpusatakaan Universitas Negeri Malang bekerjasama dengan iGroup Asia Pasific Ltd. menyelenggarakan pelatihan penggunaan E-Journal Springer Eric Dan Emerald. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Seminar Perpustakaan UM lantai 2 pada hari Jumat tanggal 13 Februari 2015.

Acara yang diadakan dalam rangka sosialisasi pemanfaatan jurnal elektronik bagi sivitas akademika UM ini diikuti para Wakil Dekan I Para Ketua Jurusan Tim E-Journal LP2M dan para pengelola perpustakaan fakultas yang kesemuanya berjumlah 50 orang. Hadir pula dalam pembukaan sosialisasi ini Account Executives iGroup Stephani Susilo Kepala Perpustakaan UM  Prof. Dr. Djoko Saryono M.Pd dan salah seorang pustakawan UM Drs. Darmono M.Si yang menjadi moderator dalam acara ini.

Prof. Djoko Saryono dalam sambutannya menyampaikan bahwa sesuai amanat Rektor UM bahwa pada tahun 2018 akan dicanangkan UM menjadi Perguruan Tinggi Berbadan Hukum (PTBH) dan harus bisa masuk kedalam peringkat 500 perguruan tinggi dunia. Untuk mencapai target tersebut kita akan menggandeng akreditasi AUN Asian University Network karena di Indonesia perguruan tinggi yang sudah masuk ke dalam jaringan AUN hanya ada beberapa seperti ITS UB dan UI.

Selain akreditasi Internasional diperlukan juga pembenahan UM di segala bidang. “Pembenahan yang pokok adalah jumlah profesor kalau dibawah 10 persen maka tidak mungkin bisa mendapatkan akreditasi AUN dan menjadi PTBH. Jumlah Profesor di UM saat ini masih 72 orang padahal jumlah dosen kita sudah mencapai 1000 orang” jelasnya. Kedua akreditasi Program Studi di UM 70 persen harus A sedangkan saat ini di UM yang terakreditasi A baru 30 prodi. Syarat-syarat tersebut harus segera dipenuhi dalam waktu cepat agar proses menjadi PTBH pada tahun 2018 dapat terlaksana dengan baik. Selain syarat tersebut Tim Asesor pasti juga akan bertanya apakah memiliki jurnal internasional yang terakreditasi apa tidak.

Para Asesor ketika datang dan menentukan akreditasi akan selalu menanyakan jumlah jurnal akreditasi tersebut oleh karenanya kita harus siap dan mulai membiasakan. Karena itu saat ini kita bertemu pada sosialisasi ini untuk memulai membiasakan diri untuk mengakses jurnal terakreditasi sebaik mungkin. Prinsipnya diharapkan dengan sosialisasi pemanfaatan jurnal elektronik ini dapat mendukung visi Rektor UM untuk dapat menjadi PTBH dan menjadi perguruan tinggi 500 dunia pada tahun 2018.

Konsep kedepan mahasiswa tidak harus datang ke perpustakaan pusat untuk mengakses jurnal cukup datang ke perpustakaan fakultas untuk mengakses jurnal elektronik. Dengan jurnal elektronik ini akan mensinergikan perpustakaan pusat dengan perpustakaan fakultas dalam mengakses pelayanan jurnal digital. Disini kita berkumpul untuk membahas mensinergikan mengkomunikasikan sistem pengelolaan jurnal elektronik di UM. “Harapan saya perpustakaan ini dapat selalu kita kunjungi manfaatkan keberadaannya menjadi literasi ilmu pengetahuan dan mendukung upaya tercapainya visi misi UM mendatang” urainya.

Lebih jauh Pak Darmono menyampaikan bahwa kegiatan yang kita lakukan saat ini merupakan program sosialisasi yang telah kita canangkan mulai awal tahun 2014. Dalam sosialisasi ini kita mendatangkan iGroup yang membawahi beberapa jurnal di segala bidang. Disamping itu mulai tahun 2015 akan ada beberapa E-journal yang akan mulai dilanggan oleh perpustakaan UM antara lain GALE CENGAGE Learning EBSCO Pro Quest Emerald-Insight Wiley Online Library dan Wolters Kluwer-Ovid SP.

“Perlu saya sampaikan Bapak/Ibu bahwa perpustakaan telah memiliki Ebook sebanyak 600 judul yang telah kita kumpulkan sejak tahun 2013 yang dapat diakses di perpustakaan digital UM. harapan kita pada tahun 2015 jumlah Ebook di perpustakaan UM dapat bertambah menjadi 1000 judul” tegasnya.

Ibu Stephani Susilo dalam materinya menyampaikan sosialisasi junal elektronik ini penting dilakukan agar Bapak/Ibu dapat memahami langkah-langkah dalam mengakses jurnal elektronik. Ada beberpa trial dan konten yang akan kami cobakan pada perpustakaan UM sehingga kedepannya dapat dilanggan. Pada tahun 2015 ini UM semakin giat menambah konten jurnal saya senang memberikan trial E-Journal kepada perpustakaan UM selama ini karena animo yang begitu besar dalam mendownload konten E-Journal tersebut.

Ada beberapa laporan keluhan yang saya terima terkait menurunnya kapasitas download karena jumlah pendownload semakin banyak dalam waktu yang berbarengan. Keluhan ini pernah saya terima dari Fakultas MIPA yang mengeluhkan kecepatan download E-journal semakin lambat ternyata disebabkan banyak akses download dalam waktu bersamaan. Mengatasi hal tersebut oleh karena itu saya menambahkan jumlah trial jurnal. Ibu Stephani dalam penjelasan materinya juga menawarkan E-Journal yang dapat dilanggan untuk menambah konten jurnal yang ada antara lain Emerald E-journals Oxford Scholarship Online OVID ERIC Database dan Springer E-Journals. (Ksr)