Select Page

Universitas Negeri Malang menggelar Wisuda Semester Gasal Tahun Akademik 2014/2015 pada hari ini Sabtu 7 Maret 2015 di Gedung Graha Cakrawala UM.  Acara akbar ini dimulai pukul 07.00 WIB dan dihadiri oleh segenap pejabat universitas para tamu undangan serta pendamping wisudawan/wisudawati.

Pada semester ini UM meluluskan 1.332 orang yang terdiri atas 29 orang lulusan Program D3 nonkependidikan 279 orang lulusan Program Sarjana nonkependidikan (termasuk 15 orang Program Gelar Ganda) 547 orang lulusan Program Sarjana Kependidikan 178 orang lulusan Program PPG 250 orang lulusan Program Magister dan 49 orang lulusan Program Doktor.

Dari jumlah tersebut yang mencapai Indeks Prestasi Kumulatif sama dengan atau lebih besar dari 275 pada program Sarjana mencapai 817 orang (9891%). Predikat yudisium kelulusan pada program Sarjana 125 orang (1513%) lulus mendapat predikat dengan pujian; 692 orang (8378%) lulus dengan predikat sangat memuaskan dan 9 orang (109%) lulus dengan predikat memuaskan. Dari jumlah lulusan tersebut 5 (lima) orang berhasil lulus dengan prestasi terbaik yaitu lulusan dengan kriteria IPK tertinggi dan lama studi terpendek pada suatu jenjang pendidikan. Peraih lulusan terbaik tersebut adalah Program Diploma III diraih oleh Ria Anggraeni Sri Rahayu A.Md; IPK 358; lama studi 7 semester; Program Studi Diploma III Tata Busana-FT; yudisium dengan Pujian Program Sarjana diraih oleh Cita Nuary Ishak S.S.; IPK 393; lama studi 7 semester; Program Studi Sarjana Bahasa dan Sastra Inggris-FS; yudisium dengan Pujian. Program Sarjana Gelar Gandadiraih oleh Nadiyah S.Pd S.S.; IPK 383; Program Studi Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris-FS; dan IPK 381; lama studi 9 semester; yudisium dengan Pujian.Program Magister diraih oleh Andik Tohari M.Pd; IPK 390; lama studi 22 bulan; Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris-Pascasarjana; yudisium dengan Pujian.  Program Doktor diraih oleh Dr. Abdul Hakim; IPK 377; lama studi 39 bulan; Program Studi Doktor Teknologi Pembelajaran-Pascasarjana; yudisium dengan Pujian.

Dalam sambutanya Rektor UM Prof. Dr. AH. Rofiuddin menyampaikan misinya bahwa UM telah menegaskan diri untuk menjadi perguruan tinggi yang unggul dan menjadi rujukan dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi. saya membuat kata “GURU”  sebagai akronimnya. “GU” saya ambil dari kata Unggulan dan “RU” dari kata Rujukan. Oleh karena itu  dalam mengemban amanat sebagai Rektor empat tahun ke depan saya telah memutuskan untuk “mewaqafkan” diri saya bagi terwujudnya  keunggulan dan keterujukan UM tersebut dengan sebuah visi sukses:  “Terwujudnya UM sebagai “GURU” Indonesia dan Asia Tenggara pada tahun 2018”. tuturnya.

Selain sebagai akronim kata “GURU” juga memiliki makna yang sangat mendalam dan strategis baik ditinjau dari mandat name logo  maupun dari visi dan arah pengembangan UM. Terkait dengan perannya sebagai LPTK kata “GURU” sangat sejalan dengan mandat UM untuk mendidik guru. Dalam hubungannya dengan name-logo UM istilah “GURU” dapat dimaknai sebagai salah satu pilar dari The Learning University yakni UM sebagai learning resource. Sedangkan dalam perspektif visi dan arah pengembangannya menjadikan UM sebagai unggulan dan rujukan dapat pula diartikan menjadikan UM sebagai tempat berguru bagi masyarakat”. lanjutnya.

Dengan prosesi wisuda ini berarti UM telah berhasil meluluskan sebanyak 101. 631 orang terdiri atas 1.068 orang lulusan Program Doktor 5.620 orang lulusan Program Magister 59.400 orang lulusan Program Sarjana 762 orang lulusan Program PPG dan 34.781 orang lulusan Program Diploma. dan sekaligus merupakan wisuda ke-34 UM. (Har)