Select Page

Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Maliki Heru Santoso, MBA, hadir ditengah-tengah mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPSi) Universitas Negeri Malang (UM). Kehadirannya sebagai pembicara dalam kuliah tamu yang diselenggarakan oleh FPPSi UM pada Selasa 24/3/2015, bertempat di Gedung Aula Utama A3 lantai 2 UM. Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 WIB mendapat respon yang baik dari kalangan mahasiswa hal ini tampak dari jumlah audience yang hadir.

Acara yang dibuka oleh Wakil Rektor III UM Dr. Syamsul Hadi, M. Pd yang mewakili Rektor UM juga turut hadir Dekan FPPsi, Wakil Walikota Malang dan jajaran pimpinan UM lainnya, tema yang diangkat adalah “Kontribusi Psikologi Dalam Tata Kelola Pemerintahan Indonesia Yang Baik dan Bersih”. Tujuan dari kegiatan ini untuk menggembangkan kemampuan akademis mahasiswa terutama peran psikologi dalam kehidupan nyata dalam hal ini dari segi pemerintahan (Good governance).

Menurut Maliki saat inilah peran aktif institusi pendidikan diperlukan terutama pendidikan psikologi yaitu dengan cara memberikan pendidikan budaya anti korupsi, agar mampu mencegah budaya buruk dalam pemerintahan baik dalam mal-administrasi ataupun pelayanan publik, serta merubah pola pikir (mainset) manusia untuk menjadi individu yang memiliki integritas tinggi dan value added guna meningkatkan pelayanan publik.

Respon positif juga disampaikan oleh WR III UM, kegiatan yang digagas oleh FPPsi ini sangat bagus, untuk membentengi setiap mahasiswa agar tidak mudah mengikuti arus budaya yang buruk, karena UM juga memiliki tanggunjawab untuk memelihara, mengembangkan kemampuan mahasiswa baik dari akademik maupun non akademik serta mewadahi aktifitasnya dengan memfasilitasi kegiatan yang mereka adakan supaya memiliki prinsip yang kuat dan kokoh. (Sel/Har)