Select Page

Proses pembelajaran harus selaras dengan dukungan sumberdaya manusia yang berkualitas. Mengingat pentingnya kompetensi tersebut, maka Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Mataram menginginkan adanya sinergi dalam rangka pemenuhan tenaga pengajar yang ada di lingkungnan IKIP Mataram. Ketua Yayasan IKIP Mataram H. Lalu Rusmiady, S.H.,M.M, Rektor IKIP Mataram Prof. Drs. H. Toho Cholik Mutohir, M.A.,Ph.D, beserta rombongan hadir di kampus Universitas Negeri Malang pada 1 April 2015, pukul 14.00 WIB, bertempat di Ruang Sidang Rektor Gedung A1 Lantai 2 UM.

kunjungan ikip mataram

kunjungan ikip mataram

Rektor UM Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd, para Wakil Rektor UM, Direktur Pascasarjana, serta pejabat lainnya menerima kunjungan tersebut. Rektor UM membuka acara dengan mengucapkan selamat datang kepada rombongan dan memberikan apresiasi terhadap IKIP Mataram yang tetap mengabdi mempersiapkan tenaga pendidik khususnya di khawasan Indonesia bagian tengah dan timur. Universitas Negeri Malang dahulu juga merupakan kampus yang mencetak tenaga pendidik, tetapi setelah menjadi Universitas terdapat program-program nonkependidikan yang dapat ditempuh di UM.

Mendapat salam penerimaan tersebut H. Lalu Rusmiady, S.H., M.M, menyapaikan ucapan terima kasih dan merasa bangga atas binaan yang lakukan oleh UM selama ini. UM telah memberikan pendampingan bagi tenaga pengajar (dosen) IKIP Mataram. Banyak dosen IKIP Mataram yang sebelumnya menempuh studi di UM, bahkan sekarang tercatat ada 5 mahasiswa dari IKIP Mataram yang menempuh studi S2 di Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Sampai dengan sekarang IKIP Mataram tetap mempertahankan statusnya sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dengan nama IKIP. Pejabat yayasan berharap dengan status tersebut akan menumbuhkan citra bahwa IKIP Mataram merupakan gudang pembelajaran keguruan. Oleh karena itu tour ke UM kali ini juga mengharapkan adanya sebuah jalinan kerjasama untuk peningktkan sumberdaya manusia yang ada di lingkungan IKIP Mataram.

Menanggapi maksud dan tujuan IKIP Mataram tersebut Rektor UM Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd menyimpulkan bahwa gagasan-gagasan tersebut akan dirumuskan dalam nota kesepahaman dan akan ditandatangani dalam bentuk Memoramdum of Understanding (MoU) dalam waktu mendatang. Oleh karena itu IKIP Mataram diharapkan bisa berkolaborasi dengan Program Pascasarjana UM guna mendesain kerjasama peningkatan mutu tenaga pengajar/dosen. (Har)