Select Page

Menghadapi tahun 2015 dimana ASEAN Free Trade Area (AFTA) yang sebentar lagi akan diimplementasikan, maka Indonesia harus berbenah dari sekarang untuk bisa bersaing dengan negara-negara ASEAN yang lainnya, baik dari segi Teknologi Informasi dan Sumber Daya Manusia. Keberadaan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dalam hubungan antar manusia dan antar negara merupakan sesuatu yang tidak dapat dipungkiri. Aspek teknologi juga merupakan faktor yang sangat dominan dalam perkembangan dan perlindungan Hak Kekayaan Intelektual. Perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat saat ini telah menyebabkan dunia terasa semakin sempit, informasi dapat dengan mudah dan cepat tersebar ke seluruh pelosok dunia.

Dilatarbelakangi hal tersebut, Universitas Negeri Malang (UM) bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Malang dan PT. Infosis BLU menyelenggarakan Talkshow Pendidikan dengan tema “Peran dunia pendidikan dalam menyiapkan tenaga TIK yang tersertifikasi dalam menghadapi persaingan pasar bebas dengan menghargai HKI”. Kegiatan digelar pada Selasa (24/03/2015) di Aula FMIPA UM Gedung O1 lantai 2, dihadiri oleh Wakil Rektor IV UM, Dr. I Wayan Dasna, M.Si., M.Ed., Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Malang, Bapak Suwarjana, para praktisi IT dari PT. Infosis BLU, Certiport dan Microsoft, dan praktisi pendidikan, serta para undangan.

Pada kegiatan tersebut, hadir empat nara sumber talkshow yaitu Bapak Holin Sulistyo dari Direktorat TIK Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, dengan topik: Peran teknologi dalam dunia pendidikan, Dr. Hakkun Elmunsyah, S.T., M.T., dari Fakultas Teknik UM dengan topik: Dukungan Perguruan Tinggi, Unggul Haryanto Nur Utomo, S.Psi., M.Si., dari Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta dengan topik: Merubah mindset tenaga pendidik terhadap teknologi, dan Bapak Ismail Syah dari PT. Infosis- BLU dengan topik: Dukungan pihak Microsoft dan Certiport terhadap dunia pendidikan di Indonesia dengan dimoderatori oleh Dr. Munzil, M.Si.

Kegiatan yang diikuti oleh para Kepala Sekolah dan staf TIK Sekolah se – Malang Raya ini, dibuka oleh Wakil Rektor IV UM, bahwa menyampaikan bahwa TIK merupakan hal yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Hal ini dibuktikan dengan pemanfaatan TIK diantaranya dalam pengadministrasian, pengolahan data dan pendaftaran online. Untuk menunjang hal tersebut dibutuhkan tenaga – tenaga TIK handal yang bisa diwujudkan dengan memberikan pelatihan – pelatihan yang tersertifikasi.

Sebelum kegiatan talkshow dimulai, acara diawali dengan penandatanganan naskah kerjasama antara UM dengan Certiport oleh WR IV UM dan Bapak Ismail Syah yang merupakan Chief Marketing Officer PT. Infosis BLU. Usai penandatanganan, Bapak Ismail Syah menyampaikan bahwa secara eksklusif Certiport menunjuk UM sebagai tempat para guru sekolah di Jawa Timur untuk mengambil ujian microsoft yang tersertifikasi dan berstandart internasional.(Tik/Nik)