Select Page

Sebanyak 123 mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) mengikuti upacara pemberangkatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) semester genap 2014/2015 pada Selasa, 07/04/2015. Tiap tahunnya, UM selalu melaksanakan KKN dan menyebarkan mahasiswanya ke berbagai penjuru desa baik di Malang maupun di luar Malang.

KKN kali ini terpusat di Kecamatan Dau, Kabupaten Malang dengan sasaran 10 desa sebagai sasaran, yaitu Desa Selorejo, Desa Kucur, Desa Kalisongo, Desa Gadingkulon, Desa Petungsewu, Desa Mulyoagung, Desa Sumbersekar, Desa Tegal Waru, Desa Karangwidoro, dan Desa Landungsari. Kegiatan akan berlangsung mulai tanggal 7 April – 21 Mei 2015. Di desa, mereka akan belajar beradaptasi dan berkomunikasi dengan warga setempat. Sehingga ketika melaksanakan program-program kemasyarakatan akan lebih mudah.

Wakil Rektor 1, Prof. Hariyono, M.Pd menyampaikan bahwa mahasiswa KKN UM dituntut untuk tangkas. Pembelajaran di desa akan meningkatkan kemampuan cara berpikir, cara pandang, serta membangun kecerdasan interpersonal.

Menurutnya, mahasiswa harus mampu memanfaatkan segala peluang dan jaringan. “Karena mahasiswa yang sukses ke depan adalah mereka yang sukses membangun networking“, jelas Hariyono.

Pihak UM berharap kehadiran mahasiswa KKN di masyarakat mampu mengembangkan potensi yang ada di daerah tersebut. Selain itu, tujuan KKN UM juga mengembangkan pemberdayaan masyarakat sebagai motor berkembangnya potensi-potensi yang dimiliki oleh daerah. (Ren)