Select Page

Malang Flower Carnifal (MCF) kembali dihelat oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang yang bekerjasama dengan Jurusan Tata Busana Fakultas Teknik UM berlangsung sukses. Kegiatan yang terselenggara untuk ke- 5 kalinya  tersebut dilaksanakan Minggu, 23 Agustus 2015 berpusat di sepanjang Jalan Simpang Balapan – Jalan Ijen.

Peserta Malang Flower Carnival

salah satu Peserta Malang Flower Carnival (MFC) pada fashion flower

Kompetisi busana bertema World Class Carnival ini diikuti oleh 157 orang peserta  terdiri dari peserta kategori anak 40 orang dan peserta kategori umum sebanyak  117 orang  yang berasal dari berbagai Kota di Jawa Timur, seperti Banyuwangi, Jember, Kediri, Surabaya, dan Probolinggo. Beragam kostum ditampilkan peserta, mulai dari kostum besar berasesoris banyak hingga yang sederhana namun elegan.

Tasbir, SH., Asisten Deputi Bisnis dan Pemerintah Kementerian Pariwisata RI memberikan apresiasi yang sebesar besarnya atas terselenggaranya karnaval busana yang bergengsi ini. “Dengan mungusung tema World Class Carnival, ini menandakan bahwa kegiatan ini telah berkelas internasional. Mendatang masyarakat Malang harus siap untuk mensukseskan kegiatan ini agar dapat dikenal lebih luas dikalangan pariwisata dunia. Tahun depan saya mengajak Walikota Malang dan jajarannya untuk mempromosikan MCF ini satu bulan sebelum pelaksanaan di Kementrian Pariwisata RI,” ujarnya.

Menurut Ketua Panitia MCF 2015 yang juga Dosen Tata Busana FT UM  Agus Sunandar, S.Pd, M.Sn “para peserta akan menampilkan kreasi terbaru dan penampilan koreografi yang menawan. Dewan juri akan menentukan pemenang berdasar pada  penampilan yang spektakuler, kreatifitas desain, dan atraktif saat berjalan. Tidak hanya itu, para peserta dituntut untuk membuat kostum yang menawan, tata rias yang menarik, dan koreografi yang unik. Dalam kompetisi ini pula peserta akan memperebutkan hadiah dengan total Rp. 31.500.000,-” urainya.

Parade fashion bunga ini juga telah menorehkan berbagai penghargaan bergengsi baik dalam negeri maupun dari dunia internasional yang telah mengharumkan Kota Malang dan UM. Beberapa penghargaan tersebut antara lain pada tahun 2012 sebagai penyelenggara karnaval terbaik di Indonesia (Kemenpar Kreatif RI), Peserta Undangan Terbaik (1,2,3) di Malioboro Carnival Jogja Fashion Week 2013, Juara 1 Nasional Festival Tari Nusantara di Singkawang pada 2014, serta mewakili Indonesia di Moscow, Taipei, Hongkong & Tokyo sebagai The Best Perform untuk Seni Tradisional pada 2014. Tahun 2015 ini Tim MCF kembali mewakili Indonesia di Festival Budaya & Pariwisata Internasional di London, Guangzhou, serta Hongkong. (Ksr/Lid/Bud)