Select Page

Bertempat di Ruang  Sidang Rektorat Gedung A1 Lantai 2, Hubungan Internasional UM menerima dan menyambut kunjungan delegasi dari Guangxi Normal University (GXNU). Kedatangan empat orang perwakilan tersebut dalam rangka mempersiapkan dan mensurvei kelayakan tempat magang mahasiswanya. Ke empat orang tersebut antara lain  Ms. Liao Sha Secretary General of Music and Education Department, Ms. Jiang Fan Deputy Director of Music and Education Department, Mr. Zhang Yi Teacher of Music and Educatin Department, dan Ms. Huang Mei Secretary of International Exchange Center.

Tamu Guangxi

Wakil Rektor II UM, Prof. Dr. Wahjoedi, M.E., menerima kunjungan dari delegasi Guangxi Normal University Tiongkok

Prof. Dr. Yazid Basthomi, M.A. menyampaikan kunjungan perwakilan dari GXNU datang ke UM dalam rangka mengirimkan mahasiswanya untuk magang di beberapa kampus di Indonesia selama kurang lebih 40 hari. “Sementara ini ada lima orang dari GXNU yang tertarik untuk magang di Kota Malang. Empat orang dari jurusan Pendidikan Musik dan satu orang dari jurusan Seni T+ari. Oleh karena itu GXNU mengirimkan delegasinya ke indonesia untuk melakukan survei kelayakan yang meliputi antara lain biaya pendidikan, akomodasi, keamanan, penyesuaian sistem pembelajaran, kurikulum, dan bentuk kolaborasi yang dapat dilakukan kedua perguruan tinggi,” ujarnya.

Lebih lanjut Direktur HI UM ini menjelaskan kehidupan mahasiswa dari GXNU  di negara asalnya lebih banyak tinggal di asrama selama menjalani studi. Berbeda dengan kehidupan mahasiswa di indonesia, sehingga perlu adanya komparasi terlebih dahulu.

Ms. Liao Sha menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kesempatan yang diberikan pihak UM untuk dapat bekerjasama dengan GXNU. “Kami sangat puas dengan layanan yang diberikan UM, kami dapat melihat beberapa fasilitas, sarana dan prasarana penunjang yang bagus untuk mahasiswa yang akan magang dari GXNU. Disini kami dapat mengenal berbagai kuliner, musik, tarian, dan budaya Indonesia.” terangnya.

“Kami berharap bisa mengajarkan budaya Cina kepada mahasiswa di Indonesia dan dapat membawa serta mengenalkan budaya Indonesia kepada mahasiswa di GXNU. Dalam kunjungan ini kami ingin menggali informasi sebanyak-banyaknya mengenai tempat tinggal mahasiswa, akomodasi, biaya sehari-hari selama mahasiswa kami magang di UM,” jelasnya.

Menurut Prof. Dr. Wahjoedi, M.E., UM telah lama bekerjasama dengan GXNU, kami senang menyambut kedatangan perwakilan dari GXNU yang ingin mensurvei kelayakan belajar untuk mahasiswa magangnya di UM. “Kami memiliki Prodi Seni Tari dan Musik yang siap menerima dan bekerjasama dengan GXNU dalam melayani seluruh proses magang dan belajar mahasiswa. Semoga kerjasama yang baik ini dapat terus berlanjut dan GXNU dapat secara kontinyu mengirimkan mahasiswanya untuk magang di UM,” jelasnya. (Ksr/Lid)