Select Page

Isu perkembangan perekonomian nasional dan internasional selalu menarik diperdengarkan diruang dengar publik. Permasalahan yang muncul begitu komplek mulai dari taraf lokal, regional, nasional maupun global. Setiap permasalahan yang muncul selalu berkaitan dengan berbagai dimensi sosial, ekonomi, teknologi, budaya dan tidak bisa terselesaikan hanya dengan satu sudut pandang saja.

Seminar InCharles F. Nicholson, P.hD

Charles F. Nicholson, P.hD

Hal itulah yang melatarbelakangi Himpunan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (UM) dalam mengangkat tema seminar Reorienting Economic’s & Business in the Context of National and Global Development, pada tanggal 13 Juni 2015, bertempat di Fakultas Ekonomi Gedung D4 Lantai 4 UM.

Kegiatan yang berlangsung sehari tersebut dihadiri Dekan Fakultas Ekonomi Prof. Dr. H. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si., para Wakil Dekan FE, dan para undangan dari berbagai Universitas di Indonesia. Selain itu mendatangkan pembicara internasional yaitu, Direktur Pusat Pengembangan Sumberdaya Pertanian Charles F. Nicholson, P.hD, Guru Besar Guangxi Normal University Prof. Liang Jun, dan Dosen FE UM Dr. Mit Wicaksono, MS.Ed.

Dalam sambutan pembukaan seminar Prof. Dr. H. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si., menyampaikan ucapan selamat datang bagi para pembicara dan tamu undangan dari berbagai perguruan tinggi. Kesempatan ini adalah momen penting untuk mengupas terhadap perkembangan perekonomian nasional dan posisi Indonesia di level Internasional, serta menumbuhkan peluang guna mengangkat pertumbuhan perekonomian nasional.

Dalam paparan materi presentasinya Charles F. Nicholson, P.hD dapat disimpulkan bahwa Indonesia merupakan negara yang strategis bagi penyumbang komoditi buah-buahan ke dunia khususnya ke negara Amerika Serikat. Iklim tropis yang ada di Indonesia sangat cocok untuk perkembangan tanaman ini. sayangnya dalam beberapa dekade terakhir ini, peran Indonesia sebagai penyuplai buah-buahan segar bersaing dengan beberapa negara agraris lainya, seperti Philipina, Thailand bahkan China. Untuk itu sangat penting peran pemerintah dalam menjaga keseimbangan Indonesia di pasar Internasional.

Selain itu pembicara kedua Prof. Liang Jun menyampaikan budaya dan pengembangan industri di China. Disampaikan dalam forum tersebut bahwa China mengalami pertumbuhan ekonomi yang cepat, kemudian mengalami kelambatan, dan di akhir tahun 2014 berada dalam prosentase 7,4%.

Dr. Mit Wicaksono, MS.Ed sebagai pembicara ketiga lebih memaparkan strategi managemen, pengelolaan keuangan, dan managemen sumber daya manusia. Dr. Mit Wicaksono, MS.Ed merupakan dosen aktif FE UM.

Kegiatan yang berlangsung sejak jam 08.00 WIB tersebut diakhiri dengan pemberian cinderamata kepada para narasumber. (Har)