Select Page

Pengentasan pendidikan di daerah terluar Indonesia masih menjadi pekerjaan rumah sampai saat ini. Isu ini selalu dijadikan objek atas ketidakmampuan bangsa untuk memperhatikan rakyat yang ada di daerah tersebut. Hal ini bisa tuntas apabila semua pemangku kepentingan di republik ini mau bekerjasama untuk menuntaskan permasalahan ini.

Kerjasama UM dengan UNHAN

Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd., memimpin diskusi dalam pertemuan dengan delegasi UNHAN

Alasan di atas yang melatarbelakangi kunjungan delegasi Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan) ke Universitas Negeri Malang (UM) pada Senin (3/8/2015). Rombongan diterima Rektor UM Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd pukul 14.00 WIB di Ruang Sidang Rektor Gedung A2 Lantai 2 UM.

Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd mengawali tentang pengenalan kampus UM dan kiprahnya selama ini pada ranah penyiapan tenaga pendidik dan nonpendidik di Indonesia. Sudah banyak alumni yang diluluskan dan telah mengabdi di berbagai daerah, baik sebagai guru dan tenaga teknis.

“Alumni UM telah tersebar di berbagai daerah, baik untuk tenaga pendidik maupun nonkependidikan. Bahkan kami menyelenggarakan program Sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (SM3T). Mereka telah disiapkan bekal fisik, mental, dan kemampuan akademik, sehingga siap mengabdi di daerah 3T. Inilah dedikasi UM untuk negeri, apakah yang bisa kami kolaborasikan dengan Unhan?,” papar Rektor UM

Menanggapi  hal tersebut Ketua LP3M Unhan yang sekaligus ketua rombongan Prof. Dr. Susanto Zuhdi, M.Hum menyampaikan banyak hal untuk dikerjakan bersama demi kemajuan di daerah 3T. Unhan memang kampus yang tergolong baru. Kampus yang didirikan tahun 2009 tersebut telah memiliki dua fakultas dengan tiga belas program studi.

“Selama ini kami prioritaskan penanganan pembangungan daerah perbatasan  di pulau terluar Indonesia. Para taruna memberikan layanan berupa pendidikan, dan pembangunan ekonomi masyarakat setempat. Masih banyak yang harus kita lakukan untuk mengangkat peradaban daerah ini. oleh karena itu kami berharap dapat bersinergi dengan UM untuk bersama-sama memajukan daerah 3T Indonesia.”, jelas Prof. Dr. Susanto Zuhdi, M.Hum

Diharapkan kunjungan kali ini turut menuntaskan permasalahan-permasalahn sosial yang selama ini menghiasi ruang publik. UM dan Unhan secara bersama-sama melakukan kegiatan pengabdian untuk kemajuan daerah 3T Indonesia, serta dapat menginspirasi bagi pihak terkait lainnya untuk memajukan pendidikan  khususnya daerah 3T. Kerjasama ini akan dirumuskan dalam platform Memorandum of Understanding (MoU), dan akan dilaksanakan dalam waktu mendatang. (Har)