Select Page

Sebanyak 26 orang mahasiswa Internasional dan 6 orang pengajar dari Quang Xi Normal University, Selasa (8/9) diterima secara resmi sebagai mahasiswa dan dosen di Universitas Negeri Malang (UM) oleh pimpinan universitas. Mahasiswa dari Yala Rajabhat University Thailand dan Program Dharmasiswa masing-masing terdiri atas 9 orang,  serta 8 orang mahasiswa program Kemitraan Negara Berkembang (KNB).

Kedatangan mahasiswa dan dosen internasional ini memiliki tujuan yang berbeda, diantaranya mempelajari bahasa dan kebudayaan Indonesia, melanjutkan studi Magister (S2) sesuai program studi yang dituju dan menjadi pengajar di program studi Bahasa Mandarin Fakultas Sastra.

“UM harus bisa meningkatkan layanan sehingga kualitas pembelajaran dapat berjalan dengan baik, jika hal ini terpenuhi para mahasiswa internasional yang belajar di UM dapat belajar dengan baik sehingga tujuan mereka tercapai”, ujar Wakil Rektor IV Dr. I Wayan Dasna, M.Si., M.Ed, dalam sambutannya mewakili Rektor.

Senada dengan yang disampaikan WR IV UM, Direktur Hubungan Internasional (HI), Prof. Dr. Yazid Basthomi, M.A., juga menekankan pemberian pelayanan yang lebih baik, dan penyediaan informasi yang lengkap akan membuat mekanisme lebih simple dan lebih efisien.

Mareekee Saha, salah satu perwakilan dari Yala Rajabhat Thailand menyampaikan ketertarikannya pada Indonesia karena negaranya yang nyaman, menyenangkan, dan budaya yang beragam dan keramahtamahan masyarakatnya menjadi salah satu alasan dia memilih Indonesia dari dua negara yang ditawarkan untuk tempatnya melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN). (Tik/Sel)