Select Page

Dalam rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-61 Universitas Negeri Malang (UM) kembali menggelar pameran akademik. Agenda rutin tahunan ini digelar di Graha Cakrawala UM mulai 12 – 15 Oktober 2015 dengan memamerkan  bermacam-macam produk unggulan UM mulai dari buku, jurnal nasional maupun internasional,  proceeding,  media pembelajaran,  alat permainan edukatif,  peralatan laboratorium,  hasil penelitian,  karya IPTEKS mahasiswa berupa jasa atau layanan pendidikan dan non kependidikan, sampai dokumen berbagai peristiwa penting dan bersejarah tentang perkembangan UM.

Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi'uddin, M.Pd meninjau stand pameran unit kerja di Graha Cakrawala Um

Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd meninjau stand pameran unit kerja di Graha Cakrawala UM

Ketua pelaksana Dies Natalis UM ke-61 Darmawan Satyananda, S.T., M.T. menyampaikan pameran akademik merupakan salah satu rangkaian Dies Natalis UM ke-61 yang dilaksanakan di Graha Cakrawala UM. Selama empat hari acara akan diisi pameran produk unggulan dari berbagai fakultas, pascasarjana, unit, lembaga, sekolah laboratorium yang ada di UM. “Selain memamerkan karya-karya akademik dalam pameran ini juga dilaksanakan berbagai acara pendukung yang lain, seperti panggung seni hiburan, pemilihan duta kampus, bakti sosial berupa pemeriksaan kesehatan serta donor darah, dan festifal budaya nasional yang diadakan oleh BEM UM,”urainya.

Lebih lanjut dijelaskan pula keseluruhan acara akan dimulai sejak pukul 08.00 – 21.00 WIB. “Dalam pameran akademik kali ini ada 44 stand yang memamerkan berbagai macam produk akademik mulai dari buku, alat peraga, dokumentasi foto, video, hasil karya mahasiswa, peralatan laboratorium, dan alat penunjang belajar mengajar,”jelasnya.

Rektor UM Prof. Dr. AH Rofi’uddin ditemui saat pembukaan acara menyampaikan pameran produk ilmiah yang diselenggarakan kali ini masih terkait dengan kegiatan Dies Natalis UM ke-61 tahun 2015. “Saya merasa bangga sekali karena ternyata kita ini lengkap, mulai dari tingkat PAUD, Sekolah Autis, TK Laboratorium, SD Laboratorium, SMP Laboratorium, SMA Laboratorium, hingga mahasiswa UM dapat menampilkan berbagai kreatifitas yang menarik dan luar biasa. Saya merasa takjub dengan penampilan salah seorang murid TK Laboratorium yang sangat luar biasa dan menakjubkan karena diusianya yang masih dini sudah memiliki kepercayaan diri yang tinggi untuk bisa berbahasa Inggris di muka umum  dan tampil diatas panggung,”ujarnya.

Prof. Rofi’uddin juga mengajak hadirin dan peserta pameran akademik untuk menelaah lebih lanjut, apakah produk-produk akademik yang dipamerkan sudah bermanfaat bagi orang lain ataukah belum. “Dengan berbagai program sudi, jurusan, dan fakultas yang ada sudah selayaknya kalau produk yang ditampilkan dapat bermanfaat bagi masyarakat. Saya ingin mencoba menelaah dari pameran akademik yang kita adakan ini, seberapa besar kebermanfaatan UM bagi masyarakat luas khususnya masyarakat sekitar Malang dapat teramati dari produk-produk akademik yang kita pamerkan,” himbaunya.

Menariknya lagi adalah banyak produk-produk hasil karya mahasiswa yang belum menyentuh hajat hidup orang banyak. Oleh karena itu mahasiswa diharapkan dalam melakukan penelitian akhir, tugas akhir, dan hasil prakaryanya dapat bertemakan topik-topik yang sedang dibutuhkan masyarakat luas. Mendatang harapannya pameran akademik yang diadakan oleh UM dapat memamerkan produk-produk hasil akademik yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan masyarakat luas. “Saya berharap pameran akademik mendatang dapat diwarnai hasil karya mahasiswa yang memiliki kebermanfaatan bagi masyarakat. Tentunya hal ini membutuhkan bantuan  para dekan dan dosen agar dapat mengarahkan mahasiswa nya dalam menciptakan karya  akhir benar-benar bersinggungan dengan kehidupan masyarakat luas,”harapnya. (Ksr/Tim Humas)