Select Page

Sadar akan beratnya tantangan kedepan, Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd mencanangkan 4 program besar  pada tahun 2016. Keempat program ini merupakan respon atas capaian UM pada tahun 2015.

Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd mencanangkan 4 program besar pada tahun 2016.

Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd mencanangkan 4 program besar pada tahun 2016.

Setidaknya ada empat misi yang menjadi target untuk dilaksanakan sesuai dengan kebijakan program kerja UM tahun 2016. Pertama, menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas tinggi untuk mengembangkan potensi dan kepribadian mahasiswa yang unggul secara nasional dan regional. Kedua, Menyelenggarakan penelitian untuk memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan mendapatkan pengakuan nasional dan internasional.Ketiga, menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat sebagai pengamalan dan pembudayaan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehi-dupan bangsa. Keempat, menyelenggarakan tata pamong yang tangguh, akuntabel, dan transparan dan memperkuat kemitraan dalam rangka meningkatkan kualitas berkelanjutan.

Selain itu, dibidang pengembangan sumber daya manusia (SDM) UM menargetkan peningkatan SDM dengan memberikan beasiswa bagi Dosen untuk melanjutkan studi S3 di luar negeri. Hal ini untuk memberikan keilmuan yang secara kolaborasi kepada dosen, agar dalam pelaksanaan pembelajaran di kampus semakin bervariatif, dapat menarik minat mahasiswa untuk belajar” ujar Rektor.

Disisi lain peningkatan kualitas SDM harus dibarengi dengan peningkatan kualitas layanan pendidikan dan perbaikan sistem perkuliahan yang dibuat lebih akuntable.  Rektor UM merancang benang merah pada tatanan pembelajaran mendatang, yang akan dimulai tahun 2016 ini. Seperti ujian skripsi dilakukan setiap hari, tidak dilakukan di akhir-akhir semester, hal ini untuk membatasi penumpukan jumlah mahasiswa yang akan yudisium.

Untuk melebarkan sayap di dunia internasional, UM akan menambah kuota bagi mahasiswa asing pada tahun 2016 terutama dari negara ASEAN.  “10 mahasiswa dari negara ASEAN dapat melanjutkan studi S2 di UM baik dengan beasiswa dari UM ataupun dari pemerintahan negaranya,” Tegas Rektor.

(Penulis: Sely/Suhardi, Editor: Moch. Syahri)