Select Page

Suasana khidmad terasa pada pelantikan Dr. R. Machmud Sugandi, S.T.,M.T sebagai Koordinator Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan (PTB) dan Program D3 Teknik Sipil dan Bangunan (TSB) Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Malang (UM) Senin, 4 Januari 2016 di Aula FT UM. Pelantikan dilakukan oleh Dekan Fakultas Teknik, Dr. Andoko, S.T., M.T. Dalam sambutannya, Dekan menyampaikan harapan agar pejabat baru dapat lebih meningkatkan citra prodi dengan capaian prestasi.

“Pesan saya bagi semua koorprog, khususnya vokasi, kompetisi masuk untuk program D3 perlu ditingkatkan, sehingga outputnya menjadi lebih kompetitif,” harapnya. Salah satu program awal yang akan dilakukan Dr. R. Machmud Sugandi, S.T., M.T adalah memperpendek masa tunggu kerja.

“Untuk memperpendek job waiting period kami bekerjasama dengan dunia industri, antara lain dengan Gapeksindo yang merupakan wadah organisasi perusahaan perusahaan yang bergerak dibidang jasa konstruksi yang dimana meliputi bidang arsitektural, bidang sipil, bidang mekanikal, bidang elektrikal, dan bidang tata lingkungan”, ujar Bapak tiga orang putra ini.

Program lain yang akan diusung mantan Kepala Laboratorium Jurusan Teknik Sipil FT UM adalah meningkatkan kualitas bidang pembelajaran Teknologi Konstruksi yang sudah menjadi unggulan di prodi S1 Pendidikan Teknik Bangunan.

Koorprog lama, Drs. Hadi Wasito, Dip.Ed., M.Pd., pada kesempatan yang sama menyampaikan beberapa capaian yang telah dilakukan oleh beliau antara lain telah berhasil merombak sistem kepenasehatan. Sistem baru ini mewajibkan dosen pembimbing akademik (PA) sekaligus menjadi pembimbing skripsi maupun tugas akhir bagi mahasiswa perwaliannya. Hal ini dimaksudkan agar PA benar-benar berperanan dalam studi mahasiswa. Selain itu, untuk meningkatkan riset dosen khususnya di prodi pendidikan setiap ruang telah dipasang cctv. Penggunaan teknologi ini dimaksudkan agar dosen bisa memantau kegiatan belajar mahasiswa. (Penulis: Tika/Nike, Editor: Moch. Syahri)